KOMENTAR

ADA yang tak biasa di Ballroom Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Senin (18/9) pekan lalu. Penuh sesak dengan teman-teman yang berasal dari Korea Selatan (Korsel) dan Indonesia. Ya, malam itu sedang dirayakan ulang tahun persahabatan kedua negara yang sudah menginjak setengah abad, yaitu 50 tahun.

Korea Selatan adalah mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi. Pada 2022, perdagangan kedua negara mencapai 24,5 miliar dollar AS, meningkat sekitar 33 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bahkan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor Indonesia ke Korsel pada semester satu tahun ini mencapai 5 miliar dollar AS dan tentunya diharapkan masih banyak ruang untuk tumbuh.

Duta Besar Korea Selatan Lee Sang Deok mengatakan, riilnya relasi masyarakat kedua negara sudah terjalin sejak abad ke-14 dan 15. Dirinya percaya, sejarah panjang interaksi tersebut merupakan landasan kuat bagi berkembangnya solidaritas Korea-Indonesia saat ini. Kedekatan itu berkembang karena akarnya yang dalam.

Pesta persahabatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan masing-masing negara, yaitu Indonesia Raya dan Aegukga (Lagu Cinta Negara/Lagu Patrtiotik). Dinyanyikan oleh mahasiswa dan mahasiswi Indonesia dari Program Studi Korea di Universitas Indonesia dan siswa-siswi Korea dari Sekolah Internasional Korea di Jakarta. Total penyanyi berjumlah 50 orang.

Partisipasi para generasi muda ini melambangkan persahabatan dua negara yang telah dibangun selama 50 taun terakhir dan akan terus berkembang untuk 50 tahun mendatang.

Ada yang menarik dari perhelatan besar ini, yaitu saat para penyanyi membawakan lagu Fly Together. Lagu tersebut disusun dan ditulis oleh James Lee dari Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia. Agar lagu tersebut lebih dipahami arti dan maknanya, maka dibuatlah aransemen dari dua lagu tradisional masing-masing, yaitu Indonesia Pusaka dan Arirang. Lagu ini dinyanyikan dalam tiga bahasa, Korea, Inggris dan Indonesia.

Dalam video klip ditampilkan beragam kegiatan yang melibatkan kedua negara, juga beberapa tari tradisional Indonesia maupun Korea. Tampak pula beberapa orang memainkan alat musik angklung, mengiringi tari Kecak yang dibawakan oleh beberapa orang.

Berikut ini para partisipan yang terlibat dalam penampilan tersebut, yaitu:

1. Korea
Vokal oleh James Lee
Paduan suara oleh Kwon Oh Heung, Choi Shin Hye, Lee Jin Young, dan Oh Jung Min

2. Indonesia
Vokal oleh Vahd Mulachela
Paduan suara oleh Epita Pratiwi, Dhanang Rachmanda Fitri, Ayu Caesar Tiara, dan Andi Amira Tania

Berikut lirik lagu Fly Together:

No matter mountain’s high
No matter water’s wide
We’re gonna fly together

Ingatkah waktu itu
Saat kita sudah bertemu
Tak akan ada yang tahu
Aku menjadi temanmu

Katanya susah hidupnya
Hidup itu gak pernah lancar
Tetapi jika berdua bersama
Kita yakin ke depan jauh lebih baik

Bayangkan bila hari esok
Mulailah hari yang indah
Sudah tak peduli lagi
Terbanglah bersamaku

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Terbanglah bersamaku
We’re gonna fligh high together




Lonjakan Kasus COVID-19 di Singapura, Menkes Budi Gunadi Sadikin: Jangan Panik, Tingkat Penularan dan Angka Kematian Sangat Rendah

Sebelumnya

Tegaskan Kenaikan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru, Nadiem Makarim: Yang Lebih Mampu Bayar Lebih Besar, Yang Tidak Mampu Bayar Lebih Sedikit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News