Ayah adalah sosok yang paling diidolakan, meskipun menjadi seorang ayah tidaklah harus sempurna/Net
Ayah adalah sosok yang paling diidolakan, meskipun menjadi seorang ayah tidaklah harus sempurna/Net
KOMENTAR

BUKAN rahasia lagi jika sosok ayah penting hadir dalam semua lini kehidupan anak laki-laki. No disrespect for all single moms out there, tapi hampir seluruh hasil studi mengatakan, ayah yang menunjukkan kasih sayang, melindungi, dan terlibat dalam kehidupan anak, membuat perkembangan kognitif, bahasa, dan sosial si kecil menjadi optimal.

Tapi ingat, bukan sosok ayam sempurna yang anak laki-laki butuhkan. Karena, memang tidak ada orang tua yang bisa sesempurna itu dalam mendidik anak-anak dan mendampingi tumbuh kembang mereka. Lalu, apa yang diperlukan seorang anak laki-laki dari ayahnya?

1. Tidak hanya melihat ayahnya sukses, tapi ingin tahu kegagalannya

Ayah sukses atau gagal dalam mengarungi perjalanan hidup, kisahnya bisa jadi pelajaran berharga untuk anak. Kisah sukses ayah tak membuat anak jadi jumawa. Mereka tumbuh dengan rasa percaya diri dan punya kemauan kuat untuk melebihi sang ayah.

Sementara, kisah gagal ayah mengajak anak bersikap arif menerima kegagalan. Mereka juga tahu, bagaimana harus menyikapi kegagalan tersebut dan cara apa yang dipakai agar bisa bangkit dari kegagalan tersebut.

2. Melihat ayah mencintai ibunya

Bersikap mesra terhadap pasangan ternyata tidak hanya membuat hubungan suami istri semakin dekat. Saat anak melihat ayahnya mencintai ibunya, mereka akan merasa aman dan stabil.

Dengan melihat bagaimana ayah mencintai ibunya, maka anak akan mengerti bagaimana menghormati seorang perempuan dan bagaimana menjadi orang yang peka dan penuh perhatian, serta sopan.

3. Selalu memberikan afirmasi positif

Bagi seorang anak laki-laki, kehadiran ayah sangatlah ditunggu untuk memberinya kalimat-kalimat penyemangat, kalimat afirmasi positif yang mampu membuatnya semakin percaya diri, yang mampu membuatnya bangkit kembali usai terpuruk.

4. Melihat bagaimana ayahnya memimpin

Ayah adalah sosok pemimpin. Bagaimana seorang ayah memimpin keluarganya, akan ditiru dengan mudah oleh anak laki-lakinya. Karena mereka beranggapan, suatu saat peran ayah sebagai pemimpin akan digantikannya.

5. Menepati janji yang diucapkan

Laki-laki selalu dilihat dari bagaimana ia menepati janji yang telah dibuat. Seorang ayah yang selalu menepati janji, baik kepada ibunya maupun anak-anaknya, adalah sosok ayah yang bertanggung jawab.

6. Mencintai dirinya apa adanya

Penting bagi seorang ayah untuk menghargai dan mencintai dirinya sendiri. Bagaimana ayah memperlakukan dirinya dengan baik, akan menjadi contoh sempurna untuk anak di saat mereka dewasa.

Semua adalah soal waktu, di mana ayah juga memerlukan waktu untuk belajar menjadi ayah yang baik, bukan ayah yang sempurna. Karena, ayah memiliki tanggung jawab yang luar biasa kepada keluarganya.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting