Ligwina Hananto/Net
Ligwina Hananto/Net
KOMENTAR

LIGWINA Hananto selama ini dikenal sebagai seorang financial planner yang aktif mengedukasi masyarakat tentang aplikasi manajemen keuangan yang baik dan benar.

Namun kini, Ligwina punya profesi baru yang terlihat jauh berbeda dari dunia keuangan yaitu komika; komedian pembawa stand-up comedy. Ia bahkan memiliki pertunjukan berkala yang dikelola secara profesinal oleh timnya.

Tidak tanggung-tanggung, Ligwina Hananto menjadi stand-up comedian asal Indonesia yang melakukan perjalanan ke Eropa untuk pertama kalinya dan tampil di Edinburgh Fringe. Setnya di Edinburgh Fringe berjudul Indonesia Presents: Far East Meets West.

Dalam wawancaranya di BBC baru-baru ini, Ligwina menjelaskan bagaimana dia berubah dari CEO sebuah perusahaan pelatihan keuangan di siang hari lalu menjadi komedian sukses di malam hari. Tak ubahnya seperti Superman.

Ia juga menjelaskan bagaimana rasanya menjadi seorang komedian berhijab di tengah masyarakat Tanah Air yang mayoritas muslim konservatif dan bagaimana ia ingin mengaktualisasikan diri sebagai pribadi, bukan hanya sebagai ibu dari tiga anak.

“Saat aku berumur 40 tahun, aku berpikir, baiklah, aku akan melakukan apa pun yang aku mau!” ujar Ligwina.

“Saya harus bisa mengembangkan sisi lain diri saya yaitu menjadi seorang komedian. Saya sudah berkecimpung di dunia keuangan selama 20 tahun. Saya tahu keuangan adalah hal serius yang sulit dibicarakan, tapi ketika saya menyelipkan humor dan cerita-cerita konyol ke dalam financial talk, orang menjadi lebih relaks dan lebih terbuka untuk menceritakan kondisi keuangannya,” imbuh Ligwina.

Dari berbagai cerita lucu dan cerita konyol yang selama ini ‘disimpan’, Ligwina menyusunnya untuk menjadi sebuah skrip stand-up comedy.




Fifie Rahardja dan Asa di Balik Gunung Sampah Sungai Citarum

Sebelumnya

Gulbadan Begum, Perempuan Mughal India Pertama Pemimpin Haji yang Kisahnya Nyaris ‘Hilang’

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women