Kpop mendunia, perusahaan hiburan papan atas meraup untung miliaran USD/KpopPost
Kpop mendunia, perusahaan hiburan papan atas meraup untung miliaran USD/KpopPost
KOMENTAR

MAKIN banyak masyarakat dunia yang terpikat pesona Kpop. Tak mengherankan bila perusahaan hiburan Kpop papan atas mendulang cuan luar biasa saat idol mereka meraih pengakuan global.

Daya tarik global Kpop yang merupakan perpaduan elektronik, hip-hop, pop, rock, R&B, dan rap, telah mengubahnya menjadi industri senilai 5 miliar dolar Amerika.

Sejumlah perusahaan hiburan dengan grup yang telah mendunia bahkan terdaftar di KOSDAQ.

Penelusuran Farah.id menunjukkan bahwa KOSDAQ adalah dewan perdagangan Bursa Korea di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1996. Awalnya didirikan oleh Asosiasi Investasi Keuangan Korea sebagai pasar saham independen dari Bursa Efek Korea, dan mengacu pada mitranya di Amerika, NASDAQ.

Berikut ini 3 (tiga) perusahaan hiburan Kpop paling cuan di tahun 2023 versi Kpop Post.

1# HYBE (sebelumnya dikenal dengan BigHit Entertainment)

Bangkitnya HYBE, yang sebelumnya bernama Big Hit Entertainment, tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan fenomenal BTS. Kelompok beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook ini telah mengubah arah perusahaan.

HYBE Entertainment kini memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk BigHit Music, Source Music, Pledis Entertainment, Belift Lab, KOZ Entertainment, dan ADOR, yang secara kolektif dikenal sebagai Hybe Labels. HYBE Co., Ltd.

2# JYP Entertainment

Didirikan pada tahun 1997 oleh ikon Kpop J.Y. Park, JYP Entertainment adalah salah satu perusahaan hiburan Kpop terkemuka yang terkenal dengan esensi R&B yang unik. Sentuhan khas tersebut datang dari pendirinya, J.Y. Park, yang merupakan sosok kreatif terkemuka dan komposer utama bagi para seniman di bawah benderanya.

Beberapa grup Kpop legendaris yang dibina oleh JYP antara lain Wonder Girls, Rain, dan Miss A. Artis terkenal di bawah JYP Entertainment termasuk J.Y. Park, 2PM, TWICE, 15&, Stray Kids, JJ Project, NiziU, Jus2, ITZY, dan banyak lagi.

TWICE punya lebih dari 32 juta pengikut di Twitter dan Instagram. Selain itu, Stray Kids menjadi grup pria yang mendapat banyak perhatian, terutama setelah pencapaian luar biasa pada kurun 2021-2022.

Dalam langkah strategis untuk memperluas pengaruh internasionalnya, JYP Entertainment telah berkolaborasi dengan The Orchard, anak perusahaan Sony Music Entertainment memegang distribusi global digital dan fisik.

3# SM Entertainment

SM Entertainment, yang pernah berada di puncak industri Kpop, telah berperan penting dalam membentuk karier banyak tokoh Kpop legendaris selama dua dekade terakhir.

Meski kini menduduki posisi ketiga, mereka tetap menjadi kekuatan berpengaruh di ranah Kpop. Khususnya, dengan investasi dari raksasa seperti Alibaba dan Tencent, keunggulan SM di China meningkat. Menariknya, saluran YouTube mereka memiliki lebih dari 31,4 juta pelanggan, dengan lebih dari 90 persen berasal dari wilayah di luar Korea—terutama China.

Hal ini menjadikan aliansi mereka dengan Tencent Music Entertainment penting untuk memperkuat jangkauan mereka di sektor musik China.

SM juga memelopori proyek-proyek inovatif, seperti membentuk SuperM, sebuah ensambel unik yang menampilkan bintang-bintang dari boy group terkemuka mereka, termasuk SHINee, EXO, NCT 127, dan WayV. Adapun versi girl group, SM menghadirkan “Girls on Top,” atau GOT.




Menanti AESPA Live Tour: SYNK Parallel Line di Jakarta, Catat Tanggalnya

Sebelumnya

Satu Lagi Penyanyi Indonesia Debut Jadi Girl Group K-Pop: Kimberley Fransa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment