Meningat adalah hal terpenting bagi tumbuh kembang anak. Kemampuan mengingat anak bisa dilatih dengan cara yang mudah dan tentunya lewat bantuan doa kepada Allah Swt/Net
Meningat adalah hal terpenting bagi tumbuh kembang anak. Kemampuan mengingat anak bisa dilatih dengan cara yang mudah dan tentunya lewat bantuan doa kepada Allah Swt/Net
KOMENTAR

MASA balita pada anak yang dikenal dengan golden age atau usia emas, adalah masa di mana anak akan dengan cepat menerima informasi serta mengolahnya dalam otak. Di masa itu, anak akan dengan mudah menirukan gaya orang dewasa dengan sama persis.

Namun seiring berkembangnya anak, terutama saat memasuki usia sekolah, kemampuan anak mengingat sesuatu tidak semudah ketika mereka masih kecil. Gangguan belajar ini bisa dialami anak di sekolah, misalnya tidak kunjung lancar membaca atau sulit mengingat pelajaran.

Sayangnya, hal ini sering kali terlambat disadari orang tua, sehingga anak menjadi mudah stres dan depresi.

Ustadz Adi Hidayat (UAH) dalam sebuah tausiahnya menjelaskan, ilmu merupakan seuatu kewajiban bagi seorang muslim, baik itu ilmu agama maupun ilmu pengetahuan. Dengan ilmu, hidup akan menjadi lebih terarah dan ibadah dijalankan sesuai dengan ketentuan yang disyariatkan.

Mempelajari ilmu agama dan ilmu pengetahuan adalah hal penting, karena akan sangat berbahaya apabila seseorang tidak dibekali ilmu agama dan ilmu pengetahuan. Keduanya harus berimbang dan tidak ada yang menjadi dominan satu dari lainnya.

Dalam sebuah hadits dari Anas bin Malik ra, Rasulullah Saw bersabda:

“Tuntutlah ilmu walau ke negeri China, sesungguhnya menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim.”

Dalam setiap proses menuntut ilmu dibutuhkan usaha yang tidak mudah. Namun, menurut UAH, orang tua dapat mengajarkan kepada anak-anak mereka sebuah doa yang bisa diamalkan setiap hendak belajar agar dimudahkan untuk mengingat. Doa ini adalah salah satu yang diajarkan Sang Ibu.

Doa ini dari Nabi Muhammad Saw kepada Ibnu Abbas:

Allahumma faggihni fiddin wa a’limni at ta’wil

Artinya: Ya Allah, mohon pahamkan saya pada ilmu-ilmu agama yang akan saya pelajari dan berikan saya kemampuan untuk memahami hal-hal yang sulit.

“Ini doa memohon kepada Allah Swt agar dimudahkan cepat memahami sesuatu, termasuk cepatnya dan mudah mencerna sesuatu, sekali itu rumit bagi sementara orang untuk dipahami,” kata UAH.

Doa ini bermanfaat agar kita selalu dimudahkan dalam mengingat dan memahami sesuatu. UAH pun mengaku selalu mempraktikkan doa ini dan manfaatnya begitu banyak, khususnya dalam mengingat banyak hal.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting