Ilustrasi kegiatan olah raga Kardio di tempat kebugaran/Net
Ilustrasi kegiatan olah raga Kardio di tempat kebugaran/Net
KOMENTAR

MELAKUKAN OLAHRAGA kardio sangat efektif dan dipercaya dapat membantu mencegah terkena penyakit kanker bagi pria. 

Hal ini telah dilakukan penelitian sebelumnya yang telah diterbitkan di JAMA Network Open, belum lama ini.  

Disebutkan, tingkat olahraga kardio yang lebih tinggi berkaitan dengan risiko kematian lebih rendah akibat kanker paru-paru, kanker prostat, atau kanker usus besarInsider. 

Masih dilaman yang sama, terkuak bawah data dari 177.709 pria Swedia yang berusia antara 18 hingga 75 tahun dengan selama hampir 10 tahun masa tindak lanjut.

Tim ini telah membandingkan kebugaran kardio pernapasan mereka dengan risiko terkena atau meninggal akibat kanker paru-paru, usus besar dan prostat, tiga jenis kanker yang paling umum terjadi pada pria.

"Untuk menguji tingkat kebugaran kardio para peserta, para peneliti mengukur VO2 max, kemampuan untuk menggunakan oksigen selama berolahraga," kata peneliti dari The Swedish School of Sport and Health Sciences dilansir dari Insider.

Mereka meminta para peserta mengayuh sepeda statis selama enam menit, dengan tujuan agar detak jantung tetap stabil, yang kemudian digunakan untuk menghitung VO2 max.

Para peserta kemudian dikelompokkan ke dalam empat kelompok, mulai dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi tingkat kebugaran kardio pernapasannya.

Data yang dikumpulkan menunjukkan hasil pria yang memiliki tingkat kebugaran tertinggi memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah akibat kanker paru-paru, usus besar, atau prostat.

Peserta studi dengan VO2 max yang lebih tinggi juga memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru atau usus besar, meskipun data menunjukkan bahwa mereka memiliki risiko sedikit lebih tinggi terkena kanker prostat.

Setelah disesuaikan dengan faktor gaya hidup lainnya seperti pola makan, kondisi kesehatan lainnya, dan kebiasaan merokok.

Hasil penelitian masih menunjukkan bahwa partisipan dengan kebugaran kardio minimal sedang memiliki risiko kematian akibat kanker usus besar dan prostat yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki skor kebugaran terendah.

Untuk diketahui, latihan kardio diantaranya berjalan, berlari, berenang, bersepeda, dan aktivitas lain yang meningkatkan detak jantung dan membuat Anda bernapas lebih keras.

Dengan melakukan kardio, dapat membantu meningkatkan kesehatan kardio pernapasan dari waktu ke waktu dan mengurangi risiko penyakit serta meningkatkan suasana hati.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health