Menkominfo Budi Arie saat mengunjungi Dinas Kominfotik Riau menyampaikan apresiasinya kepada aplikasi <i>SemuaNews</I> yang telah membantu menangkal pemberitaan hoaks dan tidak berimbang/Ist
Menkominfo Budi Arie saat mengunjungi Dinas Kominfotik Riau menyampaikan apresiasinya kepada aplikasi SemuaNews yang telah membantu menangkal pemberitaan hoaks dan tidak berimbang/Ist
KOMENTAR

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada aplikasi SemuaNews, yang baru saja diluncurkan di Jakarta beberapa waktu lalu. Budi memberikan respon positif pada aplikasi yang tidak berisi hoaks, fitnah, serta ujaran kebencian lainnya.

Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika Riau, Jumat (25/8). Dirinya kemudian memerintahkan Kepala Dinas Kominfo Riau Erisman Yahya, untuk menginventarisir dan melaporkan media-media yang suka menulis bohong, tanpa fakta, tidak berimbang, meresahkan, dan tentunya belum terverifikasi Dewan Pers.

“Hadirnya organisasi pers di Indonesia membawa suasana tenang, damai dan tentram, apalagi di tahun-tahun politi ini. Peran wartawan dan organisasi pers serta media, sangat besar dan menentukan. Karena itu, kita mengapresiasi semuanya dan ini memang sudah menjadi tugas kita bersama. Jadi, kita akan tindak tegas jika ada media-media yang demikian (media meresahkan),” ujar Budi.

Seperti diberitakan Farah.id sebelumnya, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) telah meluncurkan aplikasi SemuaNews. Peluncuran dilakukan di Jaya Suprana School of Performing Arts, Mal of Indonesia (MoI) Kelapa Gading, Jakarta Utara.

SemuaNews merupakan platform yang mendukung upaya menciptakan ruang publik digital yang jauh dari hoax (kabar bohong) dan hate speech (ujaran kebencian).

“Melalui SemuaNews, masyarakat pembaca akan mendapatkan informasi yang berasal dari media yang sudah terverifikasi, baik secara administrasi maupun faktual, dalam pendataan di Dewan Pers. Aplikasi ini tidak hanya untuk anggota JMSI, tetapi bersifat terbuka untuk semua. Makanya, namanya SemuaNews, artinya untuk semua publishers, audiences, dan semua anak bangsa Indonesia,” ucap Ketua Umum JMSI Teguh Santosa.

Apresiasi disampaikan pula oleh Ketua Dewan Pers ninik Rahayu, yang hadir secara langsung ke acara peluncuran SemuaNews. Dia mengatakan, platform yang dikerjakan JMSI dapat menjadi platform alternatif.

“Mungkin, aplikasi seperti ini juga bisa diinisiasi organisasi media lain. Terima kasih telah mengedepankan media yang sudah terverifikasi. Artinya, sudah menjalankan UU No 40 Tahun 1999, tentang Pers,” tutup Ninik.




Menteri Perindustrian Dukung Pembentukan Satgas Pemberantasan Barang Impor Ilegal

Sebelumnya

Mendikbudristek Nadiem Makarim: Penting Menanamkan Rasa Cinta terhadap Perbedaan dalam Diri Anak Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News