Para tamu undangan melepas balon persahabatan Taiwan-Indonesia sambil berdoa memohon berkah. Mereka hadir untuk membuka kembali PAUD yang dulu sempat roboh karena musibah gempa bumi/Ist
Para tamu undangan melepas balon persahabatan Taiwan-Indonesia sambil berdoa memohon berkah. Mereka hadir untuk membuka kembali PAUD yang dulu sempat roboh karena musibah gempa bumi/Ist
KOMENTAR

SEBANYAK lima sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dibuka kembali usai direnovasi berkat dana bantuan bencana Pemerintah Taiwan. Pembukaan dihadiri langsung oleh Duta Besar Taiwan untuk Indonesia John Chen dan Cathy Lee Chen dari Taipei Economic and Trade Office (TETO) Jakarta.

Upacara pembukaan dilakukan di salah satu sekolah yang telah selesai direnovasi, yaitu PAUD Nurul Huda, dan dihadiri oleh Asisten Daerah I Pemkab Cianjur Arif Purnawan, pejabat Biro Pendidikan Pemkab Cianjur, perwakilan guru dan siswa-siswi PAUD yang menerima bantuan, dan Yayasan Amal Tiga Roda yang bertanggung jawab atas proyek renovasi.

Duta Besar Taiwan di Indonesia John Chen dan anggota Yayasan Amal Tiga Roda berfoto bersama/Ist

Diketahui bersama, pada 21 November 2022 telah terjadi gempa bumi yang begitu dahsyat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dampak guncangan hebat tersebut cukup besar, di mana menyebabkan ratusan rumah warga hancur, termasuk sarana dan prasarana Pendidikan.

Kondisi ini membuat Pemerintah Taiwan tergerak untuk memberikan bantuannya sebesar 100ribu Dolar US melalui Yayasan Amal Tiga Roda, yang kemudian merekonstruksi infrastruktur yang rusak.

Dubes John Chen beserta Ibu disambut hangat oleh warga dan anak-anak sekolah di Cianjur/Ist

Para sukarelawan dari Yayasan Amal Tiga Roda kemudian terjun langsung ke daerah bencana, untuk memahami kebutuhan para korban. Dan setelah berdiskusi dengan pihak-pihak terkait, yaitu TETO dan Pemkab Cianjur, diputuskan untuk memprioritaskan pembagian paket bantuan serta renovasi sekolah PAUD di daerah bencana.

Lalu, pada Maret 2023, lebih dari 2000 paket bantuan disalurkan kepada Pemkab Cianjur dan diserahkan langsung oleh Yayasan Amal Tiga Roda kepada korban bencana. Sedangkan bantuan rekonstruksi dan renovasi sekolah PAUD, merujuk pada saran Pemkab Cianjur, yaitu renovasi 4 sekolah dan rekonstruksi 1 bangunan sekolah. Dan, seluruh proses itu telah selesai dikerjakan.

Poster terima kasih dari guru, murid dan wali murid ikut menyambut perwakilan Taiwan/Ist

“Saya berharap, bantuan ini dapat memberikan ruang belajar yang lebih nyaman dan aman bagi para murid, sehingga mereka bisa belajar dengan Bahagia dan tumbuh dengan sehat. Taiwan, selama 2 tahun ini terpilih oleh Charities Aid Foundation di Inggris sebagai negara yang paling dermawan di dunia. Sama seperti Indonesia, setiap kali melihat penderitaan masyarakat yang terjadi di seluruh dunia, rakyat kami merasakan hal yang sama. Melalui rasa empati yang tinggi ini, kemurahan hati rakyat Taiwan akan selalu hadir dengan memberikan bantuan yang terbaik,” kata John Chen.

Ucapan terima kasih tak lupa disampaikan ketua Yayasan Amal Tiga Roda cabang Bandung Ko Pai Kuan, serta Asisten Daerah I Pemkab Cianjur Arif Purnawan.

Selain PAUD Nurul Huda, PAUD Intan Mas, PAUD Mentari Pagi, PAUD Auladi Cemerlang, dan PAUD Amanah Bunda, mendapatkan bantuan serupa.

Acara peresmian dimeriahkan oleh pertunjukan seni dari siswa-siswi, pemutaran foto sebelum dan sesudah renovasi sekolah, serta pemotongan nasi tumpeng yang merupakan simbol keberuntungan.

John Chen dan Cathy Lee Chen juga membagikan paket alat tulis dan diakhiri dengan sesi foto bersama para guru dan murid.




Hari Pendidikan Nasional 2024: Semangat Ki Hajar Dewantara untuk Bergerak Bersama Mencerdaskan Bangsa

Sebelumnya

Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon