Upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI di KBRI Bandar Seri Begawan berlangsung sangat khidmat dan dihadiri ratusan WNI di sana/Ist
Upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI di KBRI Bandar Seri Begawan berlangsung sangat khidmat dan dihadiri ratusan WNI di sana/Ist
KOMENTAR

PANDEMI Covid-19 membuat seluruh aktivitas menjadi terbatas dan dibatasi, tak terkecuali perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia di berbagai negara. Namun kini, setelah dunia menyatakan bahwa pandemi telah berakhir, masyarakat seperti mengalami ‘kemerdekaan’ untuk kedua kalinya.

Hal tersebut tergambar dari perayaan HUT Ke-78 RI yang berlangsung di Kantor KBRI Bandar Seri Begawan. Ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di sana, seperti pekerja migran Indonesia, menghadiri perayaan kemerdekaan Indonesia. Mereka datang tidak hanya dari sekitar kota Bandar Seri Begawan, tetapi kota-kota lain di Brunei Darussalam.

Duta Besar LBBP RI untuk Brunei Darussalam, Dr Achmad Ubaedillah, MA mengatakan, walaupun upacara HUT RI berlangsung di hari kerja, namun tidak mengurangi semangat WNI untuk hadir.

Mereka terlihat sangat antusias mengikuti upacara pengibaran bendera Merah-Putih. Dan, antusiasme juga terlihat saar upacara penurunan bendera, pada sore hari.

Upacara pengibaran bendera dipimpin Duta Besar sebagai Inspektur Upacara dan Mayor ARM Gunawan sebagai komandan upacara. Suasa tampak khidmat saat lagu Indonesia Raya mengiringi pengibaran bendera Merah Putih.

Pengibaran bendera dilakukan oleh pasukan pengibar bendera yang terdiri dari 11 pelajar Indonesia di tinggak sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Brunei. Mereka dikukuhan sebagai anggota Paskibra KBRI Bandar Seri Begawan Tahun 2023 oleh Duta Besar, pada 15 Agustus 2023.

“Saya meminta masyrakat Indonesia di Brunei untuk selalu menjaga persatuan dan solidaritas, saling membantu dan memelihara kerukunan bersama di perantauan ini,” kata Dubes Achmad Ubaedillah saat berpidato di upacara tersebut.

Dalam kesempatan itu, diberikan penghargaan kepada masyarakat Indonesia yang berprestasi dan aktif bekerja sama dengan KBRI Bandar Seri Begawan dalam bidang pendidikan dan perlindungan WNI. Juga, kepada beberapa staf KBRI yang menunjukkan kinerja terbaiknya pada tahun ini.

Perayaan kemerdekaan dimeriahkan dengan aubade 32 siswa usia 5 hingga 12. Mereka mengenakan pakaian adat berwarna-warni dan menyanyikan lagu-lagu nasional. Duta Besar, Wakil Kepala Perwakilan RI, serti para diplomat juga mengenakan pakaian adat Indonesia.




Viral Siti Aisyah, Gambarkan Ironi Dunia Pendidikan

Sebelumnya

Menteri Perhubungan Layangkan Teguran Keras untuk Garuda Indonesia Terkait Terganggunya Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News