KOMENTAR

MENTERI Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah bertemu Ketua Tim Kerja Persiapan Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) Bomer Pasaribu membahas upaya peningkatan produktivitas dan daya saing SDM Indonesia.

Pembahasan produktivitas dan daya saing SDM Tanah Air ini digelar setelah terbitnya Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2023 tentang LPN.

Menaker Ida mengharapkan Perpres Nomor 1 Tahun 2023 itu menjadi terobosan untuk mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing Indonesia di pentas global.

Menaker Ida menyampaikan dua hal untuk mendorong produktivitas dan daya saing anak bangsa.

Pertama, menyusun dan membentuk Tim Kerja LPN sesuai kualifikasi dan kompetensi. Dan kedua, menggelar Rapat Pleno LPN yang rencananya akan berlangsung pada 9 hingga 11 Agustus 2023.

Dalam keterangannya, Sabtu (5/8/2023), Menaker juga meminta segenap anggota LPN untuk berperan aktif dan menjadi penggerak utama di kementerian maupun lembaga masing-masing.

Menurut Ketua Tim Persiapan LPN Bomer Pasaribu, berbagai permasalahan global saat ini mulai dari krisis ekonomi, krisis lingkungan, juga pandemi COVID-19 berpengaruh pada tingkat produktivitas dan daya saing anak bangsa.

Karena itulah dibutuhkan kerja keras LPN untuk menentukan arah, kebijakan, dan solusi strategis agar Indonesia bisa keluar dari berbagai masalah tersebut.

Bomer menegaskan perlunya komitmen untuk pembentukan pokja di daerah untuk mendukung percepatan Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing (GNP2DS), termasuk perencanaan anggaran biaya.

Keputusan LPN nantinya dapat menjadi pijakan kuat dalam membangun Indonesia ke depan yang mampu bersaing dan unggul di peta SDM global.

 

 




Din Syamsuddin Jadi Pembicara dalam Sidang Grup Strategis Federasi Rusia-Dunia Islam di Kazan

Sebelumnya

Buku “Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik” dan “Buldozer dari Palestina” Karya Teguh Santosa Hadir di Pojok Baca Digital Gedung Dewan Pers

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News