Petugas Haji membantu lansia saat turun dari bus/net
Petugas Haji membantu lansia saat turun dari bus/net
KOMENTAR

PENGALAMAN selama tahun haji 2023 jadi cerita sendiri bagi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Enjang Nurdiansyah. 

Bertugas di PPIH Bidang Kesehatan di Arab Saudi tahun 1444 H ini bisa membantu jemaah haji lansia. Di mana tahun ini jumlah jemaah haji lansianya sangat besar.

“Rekan-rekan yang melayani jemaah haji berusia lanjut seperti layaknya orang tua sendiri," katanya. 

Disebutkan Enjang, ekan-rekan petugas kesehatan di KKHI Madinah dengan ikhlas melayani jemaah haji untuk menggendong, menyuapi makan pasien, dan mengganti pakaian jemaah sakit. 

"Keikhlasan mereka sangat terasa hingga sempat saya meneteskan air mata. Mereka layani jemaah haji ini layaknya mereka layani kedua orang tua mereka,” ujarnya.  

Indonesia baru saja mendapatkan penghargaan sebagai negara pengirim haji terbanyak dari Pemerintah Arab Saudi.

Tercatat, di haji tahun 2023,  Indonesia mendapat jatah sebanyak 221.000 kuota haji. Selain itu, ada tambahan 8.000 sehingga total kuotanya adalah 229.000 jemaah haji, terdiri atas haji reguler dan haji khusus. 

"Indonesia, Pakistan, dan Bangladesh, tiga negara pengirim jemaah haji terbesar di dunia," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam dilansir laman resmi Kementerian Agama, Senin (31/7). 

Sementara kuota Pakistan sekitar 179.000 dan Bangladesh 127.000. Penghargaan diberikan oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Abdul Fattah Mashat di Jeddah.

Apresiasi ini dikatakan Nasrullah sebagai bentuk penghargaan atas kerjasama dalam proses pelayanan jemaah haji selama masa kedatangan dan kepulangan jemaah.

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News