ilustrasi angkat barbel/net
ilustrasi angkat barbel/net
KOMENTAR

KECELAKAAN saat berolahraga angkat berat dialami Influencer Justyn Vicky. Binaragawan asal Bali ini meninggal dunia usai tertimpa barbel seberat 210 kilogram setelah mengalami kegagalan pada sistem pernapasan dan sistem jantung. 

"Kemungkinan adanya kompresi atau tekanan dari tulang belakang leher (servikal) ke arah batang otak," kata Praktisi Kesehatan dari Universitas Islam Sumatera Utara, Dokter Rizki Mudti Nasution, Senin (24/7). 

Lebih tepatnya, menurut dia, ke arah medulla oblongata, dimana bagian itu mempersarafi saraf ke 9,10,11,12, dan lebih ke arah saraf 10 yaitu vagal refleks. 

"Dan kemungkinan cedera terjadi karena adanya penekanan saraf yang berasal dari servikal 3 servikal 4 dan servikal lima yang mempersarafi nervus frenikus," ujarnya. 

Keadaan malang yang menimpa Justyn Vicky membuatnya dilarikan ke rumah sakit. Justyn jatuh saat mengangkat barbel atau yang dikenal dengan deadlift di sebuah gym.

Dilansir dari Inspirasia Foundation, Senin (24/7), deadlift ini dilakukan untuk melatih kekuatan otot dengan mengangkat alat beban seperti barbel. 

Ada beberapa tingkatan untuk melakukan latihan ini, mulai dari sedang hingga berat. Teknik deadlift sendiri adalah dengan berdiri di belakang barbel, kemudian kepada menghadap ke depan dan kaki dilebarkan agar bisa berdiri secara stabil. Saat akan mengangkat barbel, dorong kaki menggunakan tumit kemudian pinggul dan lutut maju sambil posisi berdiri.

 

 

 

 




Kencangkan Dukungan ke Palestina, Universitas Siber Muhammadiyah Gelar Aksi Hybrid dan Penggalangan Dana

Sebelumnya

Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News