Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

ARTIS Nikita Willy baru saja mengatakan bahwa dirinya tengah mengalami brain fog usai melahirkan anak pertama. Menurut dia, hal itu menyebabkan dirinya seringkali bengong dan kehilangan konsentrasi, tidak tahu harus berbuat apa. Dan, apa yang terjadi diakuinya karena banyak hal yang harus dipikirkan.

Brain fog atau disebut juga mommy brain atau momnesia adalah istilah untuk kondisi sering lupa pada ibu yang baru melahirkan. Hal ini merupakan perubahan normal yang secara alami terjadi pascapersalinan. Perubahan struktur dalam otak ini bisa berlangsung lama, setidaknya 2 tahun.

Keadaan ini memang bukan sesuatu yang menguntungkan, tetapi banyak peneliti yang menyebut bahwa itu merupakan bagian dari proses perkembangan seorang perempuan menjadi ibu. Seperti halnya peralihan remaja menjadi dewasa, peralihan perempuan menjadi ibu juga melibatkan perubahan hormone dan fisik, termasuk perubahan pada otak.

Namun, insting ibu terhadap bayinya justru menjadi lebih tajam. Ibu bisa lebih mengerti kebutuhan dan keinginan bayi.

Brain fog juga menyebabkan ibu lebih mudah lupa, sering melamun, dan emosional lantaran terlalu lelah mengurus anak. Jadi, kondisi ini erat kaitannya dengan hormon oksitosin, yaitu hormon yang memengaruhi bagian otak yang berperan dalam pembentukan memori, sehingga perempuan melupan memori tertentu yang dianggap tidak penting oleh otak.

Untuk mengatasi brain fog ini, ada beberapa hal yang bisa ibu siasati, yaitu:

  • Penuhi waktu tidur. Cobalah bergantian mengurus si kecil dengan suami atau kerabat lain, agar ibu tetap beristirahat dengan cukup.
  • Konsumsi makanan sehat yang membantu menguatkan daya ingat, seperti ikan salmon, telur, tahu, teh hijau, blueberry, brokoli, dan kunyit. Jika perlu, konsumsi vitamin prenatal untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan sel otak.
  • Utamakan rutinitas penting. Buatlah sistem prioritas terhadap hal-hal yang perlu dikerjakan. Buatlah ceklist untuk memudahkannya.
  • Terima perubahan baru. Sesuaikan diri dengan peran sebagai ibu yang akan jauh berbeda dengan sebelum hamil dulu. Dengan menerima keadaan, setidaknya bisa terhindar dari perasaan sedih atau marah.

Jadi, tidak perlu bingung saat sering lupa atau ceroboh setelah melahirkan. Ikuti cara di atas agar ibu bisa lebih nyaman dan tetap produktif.




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health