KOMENTAR

MASA depan memang tidak bisa diprediksi, namun bisa kamu persiapkan dan rancang sedemikian rupa. Karena hal yang kamu lakukan saat ini akan menentukan diri kamu di masa depan.

Di awal usia 20 tahun menjadi waktu yang tepat untuk kamu mengembangkan diri dan belajar keahlian baru yang tentunya akan bermanfaat di masa depan dengan cara investasi. 

Secara umum, investasi memiliki arti meluangkan atau memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan atau manfaat pada masa datang. Namun perlu diingat, investasi yang kita bicarakan di sini bukan semata tentang uang. Ada investasi diri yang jika dilakukan sejak usia muda, maka akan menjadi keunggulanmu di masa depan.

Nah, kira-kira hal apa saja yang mesti kamu lakukan? Berikut beberapa bentuk investasi diri yang bisa Sahabat Farah lakukan untuk masa depan yang lebih baik. Simak!

1. Selalu Bersyukur

Terkadang segala sesuatu yang kita miliki terasa kurang memuaskan dan tidak cukup. Tanpa disadari, itu semua karena kamu kurang besyukur dengan segala hal yang sudah kamu capai. Cobalah menjadi orang yang selalu bersyukur, dengan begitu hidup kamu akan lebih bahagia dan tenang.

Untuk mempraktikannya, Kamu bisa menulis ungkapan rasa bersyukur di dalam buku dan membentuk kembali cara berpikir tentang kehidupan dan momen-momennya tersebut agar lebih memaknai kehidupan yang sedang kamu jalani saat ini.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu investasi diri terbaik untuk masa depan agar tetap sehat dan bugar. Investasi diri paling berharga untuk masa depan adalah menjaga kesehatan tubuh. Mulailah menjalani gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk tubuh. Hindari mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kerusakan atau menimbulkan penyakit, seperti makanan cepat saji, gorengan, ataupun produk olahan.

Selain itu, hindari begadang hingga tengah malam, sebab kebiasaan satu ini dapat memberikan efek negatif untuk tubuh. Jadi, mulailah melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk tubuh dan juga kesehatan mulai dari sekarang.

3. Meningkatkan Skill

Kemampuan publlic speaking akan terus dibutuhkan di dunia kerja. Cobalah untuk meningkatkan skill yang kamu miliki saat ini. Pastikan kemampuan dan keahlian yang kamu dalami bermanfaat untuk menunjang pekerjaan dan karier yang ingin kamu capai di masa depan.

Selain public speaking, leadership, manajemen waktu, kemampuan bahasa asing, komunikasi, dan keterampilan negoisasi juga mesti ditingkatkan.

4. Mempelajari Skill Baru

Salah satu investasi diri terbaik di usia muda adalah mempelajari skill baru yang dapat menunjang karier di masa depan karna tak hanya meningkatkan skill yang sudah kamu miliki sebelumnya, tetapi kamu juga harus mempelajari skill baru yang akan dibutuhkan di masa depan, lho. 

Mempelajari skill baru akan membantu kamu meraih karier yang kamu impikan, serta kamu bisa memberikan performa terbaik untuk pekerjaanmu tersebut.

5. Belajar Mengelola Keuangan

Usia muda merupakan waktu yang tepat untuk belajar mengelola keuangan agar pengeluaran dapat terarah

Mengelola keuangan, Apalahi kamu yang di usia 20-an mungkin kamu lagi senang-senangnya berbelanja, ngumpul bareng teman-teman, dan menghabiskan uang untuk kesenangan sesaat tanpa memikirkan masa depan. Maka, penting untuk kamu belajar cara mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Sehingga, kamu perlu mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan, agar keuangan lebih terarah. Dengan begitu, kamu bisa menabung untuk keperluan di masa depan.




Tujuh Cara Menjadi Pendengar yang Baik Ala Ahli Public Speaking

Sebelumnya

Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family