Kecantikan Pulau Derawan yang sangat eksotis/Net
Kecantikan Pulau Derawan yang sangat eksotis/Net
KOMENTAR

INDONESIA merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan keindahan alamnya, yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Salah satu pulau yang sering dijadikan destinasi wisata adalah Kepulauan Derawan.

Dikutip dari website resmi Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Kepulauan Derawan merupakan kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan ini terkenal dengan kekayaan alam bawah laut yang indah, destinasi wisata ini menawarkan terumbu karang yang masih alami dengan fauna yang hidup di sekitarnya.

Kepulauan Derawan sedikitnya memiliki empat pulau yang terkenal, antara lain Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban.

Dikutip dari Traveloka, air laut di Pulau Derawan yang jernih memungkinkan para pengunjung melihat kehidupan laut yang indah, seperti ikan kecil yang berwarna warni, hingga kura-kura hijau. Bahkan, pengunjung dapat melihat penyu hijau bertelur di pantai Pulau Derawan jika beruntung.

Selain air laut yang jernih, Pulau Derawan juga memiliki Labuan Cermin, yaitu sebuah laguna yang unik, karena memiliki air dengan dua masa jenis yang berbeda. 

Labuan cermin memiliki air tawar di satu sisi dan air asin di sisi lainnya. Keajaiban wisata ini dapat dinikmati dengan cara menyelam atau snorkeling di tengah labuan. Wisatawan dapat merasakan kegelapan air tawar sekaligus kecerahan air asin yang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah.

Destinasi wisata berikutnya di Pulau Derawan adalah Pulau Kakaban, yang memiliki hutan bakau yang lebat. Selain hutan bakau, Pulau Kakaban ini juga terkenal dengan Danau Ubur-Ubur, yaitu danau yang dihuni oleh ubur-ubur terbalik yang eksotik.

Wisatawan dapat berenang bebas di danau ini tanpa takut disengat ubur-ubur, karena fauna yang ada di danau tersebut tidak memiliki sengatan seperti ubur-ubur yang hidup di laut. Di pulau ini, pengunjung juga dapat melakukan snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan bawah air yang menakjubkan.

Bagi wisatawan yang menyukai pantai, bisa berkunjung ke Pulau Maratua yang memiliki pasir putih yang indah serta terumbu karang yang cantik. Kita dapat bersantai di pinggir pantai untuk menikmati keindahan alam sekitar, ataupun menyelam, untuk menjelajahi keindahan terumbu karang Pulau Maratua.

Selain menikmati pasir pantai, para pengunjung juga dapat pergi ke Gua Halo Tabung, yang berbentuk seperti kolam kecil dengan air asin yang berwarna biru. Hijaunya pemandangan di sekitar Gua, yang diramaikan oleh suara jangkrik, sangat asyik untuk menepi sejenak dari hiruk pikuk dan penatnya ibu kota.

Pengunjung juga dapat menuruni tebing, untuk dapat berenang ke kolam yang ada di bawah gua. Namun harus berhati-hati, karena tebing ini cukup curam. Pengunjung juga harus menggunakan kacamata renang, karena air kolam yang asin dapat membuat mata menjadi perih dan kemerahan.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon