PM Malaysia/AFP
PM Malaysia/AFP
KOMENTAR

PERDANA Menteri Malaysia mengatakan bahwa negaranya memerlukan reformasi menyeluruh.

“Dalam hal tata kelola, saya pikir adalah tugas saya untuk melakukan perubahan karena negara ini agak hancur. Kecuali ada komitmen politik yang jelas dan tekad untuk berubah, saya tidak percaya Malaysia akan bertahan,” ujar PM Anwar Ibrahim.

Dia menekankan komitmennya untuk mengubah Malaysia dari berbasis ras menjadi negara yang berjalan berdasarkan kebijakan tindakan afirmatif.

Anwar, kini berusia 75 tahun, menjadi perdana menteri setelah pemilihan umum pada November 2022.

Dia adalah seorang pemimpin pemuda yang berapi-api, dia dengan cepat menaiki tangga politik untuk menjadi orang kedua setelah Perdana Menteri Mahathir Mohamad pada 1990-an. Dipecat dan dituduh melakukan pelecehan seksual dan korupsi di tengah krisis keuangan Asia, Anwar akhirnya dipenjara dua kali atas tuduhan yang secara luas dianggap bermotivasi politik, memicu kampanye reformasi yang telah berlangsung lebih dari 20 tahun.

Bagi Anwar, pendekatan berbasis kebutuhan akan lebih membantu orang Melayu daripada kebijakan berbasis ras, karena kebijakan berbasis ras telah terbukti digunakan oleh segelintir elit dan kroninya untuk menguntungkan diri sendiri.

Apakah dia dapat mendorong reformasi semacam itu?

Anwar membuka jalan baru sebagai perdana menteri pertama Malaysia dari partai multiras, di negara yang secara tradisional diperintah oleh Melayu dan partai berbasis ras lainnya.

Itu juga kekuasaan yang rapuh karena koalisi Pakatan Harapan (Aliansi Harapan) tidak memenangkan cukup kursi untuk membentuk pemerintahan sendiri.

Kebangkitannya ke tampuk kekuasaan hanya dimungkinkan melalui aliansi dengan partai-partai kecil, termasuk bekas koalisi penguasa Malaysia, Barisan Nasional (Front Nasional) yang dipimpin oleh Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Barisan Nasional adalah arsitek kebijakan tindakan afirmatif berbasis ras Malaysia dan mengabadikannya selama pemerintahannya selama puluhan tahun, sementara UMNO telah lama menempatkan dirinya sebagai pembela hak-hak Melayu.

Namun, Anwar menepis kekhawatiran tentang perbedaan tujuan dalam aliansinya.

“Yang penting adalah koalisi didasarkan pada prinsip-prinsip inti tertentu: pemerintahan yang baik, sikap yang kuat melawan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan, juga kebijakan ekonomi yang bermanfaat bagi setiap orang,” tegas Anwar, seperti dilaporkan Al Jazeera.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon