Ilustrasi menekan tombol emergency saat terjebak di dalam lift/Net
Ilustrasi menekan tombol emergency saat terjebak di dalam lift/Net
KOMENTAR

BARU-baru ini beredar video yang memperlihatkan momentum menegangkan yang dirasakan public figure Imam darto dan kedua anaknya yang terjebak di dalam lift di Australia.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @kuyentertinment, Kamis (4/5). “Liburan niatnya happy-happy, malah ada tragedi,” demikian tertulis di caption unggahan tersebut.

Video itu memperlihatkan Darto yang merekam kejadian tersebut, menekan tombol untuk membuka lift dan ternyata tidak terbuka. Terlihat juga angka 13 yang diduga mereka nyangkut di lantai tersebut.

“Lift-nya nyangkut, masa kita gak bisa ke ground,” ujar Darto.

Darto menyebut dirinya terjebak di dalam lift selama kurang lebih 15 menit. Dia pun terlihat sering memanggil bantuan dengan memencet tombol emergency.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan saat mengalaminya? Akun Tiktok resmi Kementerian Ketenagakerjaan RI pernah berbagi lima tips untuk menghadapi kejadian tersebut.

1. Tetap tenang

Jika panik, maka psikis akan terganggu dan memengaruhi tindakan. Di beberapa lift yang saat ini banyak digunakan, sudah dilengkapi teknologi Automatic Rescue Device (ARD). Teknologi ini merupakan perangkat penyelamat darurat lift yang menjamin kabin lift dapat bergerak menuju ke lantai terdekat dan membuka pintu dengan aman pada saat terjadi gangguan pada sistem.

2. Menekan tombol emergency

Jika ARD tidak berfungsi dengan baik, langkah berikutnya memanggil bantuan dengan menekan tombol emergency. Tombol ini biasanya bergambar lonceng dan berfungsi untuk menandakan keadaan darurat di dalam lift, sehingga petugas bisa langsung cepat melakukan evakuasi.

3. Sempatkan berdoa

Selagi meminta bantuan, sempatkan untuk berdoa agar pertolongan segera datang. Dengan berdoa, hati tetap tenang, berpikir jernih dan segera mendapat bantuan.

4. Jangan membuka paksa pintu

Jangan membuka paksa pintu dan tunggu tim penyelamat datang, karena ada banyak risiko yang mengintai jika membuka paksa pintu atau bahkan langsung keluar tanpa mengetahui pasti apa yang ada di depan.

5. Perhatikan langkah kaki sebelum keluar lift

Selalu perhatikan langkah kaki, karena mungkin ada perbedaan antara lantai lift dan lantai pemberhentian. Saat keluar lift, tetap harus waspada dengan segala kemungkinan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa Sahabat Farah lakukan saat terjebak di dalam lift. Ikuti arahan saja, jangan panik, tetap tenang, dan semoga kamu tidak mengalami hal menegangkan ini, ya!




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family