Ikan Shisamo, ikan asal Hokkaido Jepang yang memiliki beragam manfaat kesehatan/Net
Ikan Shisamo, ikan asal Hokkaido Jepang yang memiliki beragam manfaat kesehatan/Net
KOMENTAR

BEBERAPA waktu lalu, netizen dihebohkan dengan menu makanan Rayyanza ‘Cipung’ yang hanya terdiri dari nasi serta beberapa ekor ikan. Sekilas seperti ikan asin, tapi ternyata itu adalah ikan Shisamo, ikan dari Jepang yang memiliki beragam manfaat.

Ikan yang umumnya dikenal dengan nama Capelin ini memiliki tubuh kecil mungil dan warna keperakan, adalah ikan anadromous asli Hokkaido, Jepang. Ikan ini sangat lezat, karena tubuhnya dipenuhi telur.

Ikan yang memiliki nama latin Mallotus Villosus ini dikenal kaya akan kandungan Omega-3 dan mengandung protein tinggi. Bahkan, kandungan Omega-3 nya lebih tinggi dari ikan Salmon, loh.

Rayyanza lahap memakan menu ikan shisamo dengan nasi putih/Net

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi ikan Shisamo:

  1. Merangsang pertumbuhan sel otak anak
  2. Baik untuk ibu hamil. Minyak ikan yang ada di dalamnya sangat membantu dan menunjang perkembangan janin.
  3. Baik untuk kesehatan jantung. Dengan rajin mengonsumsinya mampu menghindarkan dari berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan jantung koroner.
  4. Menetralisir kolesterol. Jumlah kadar kolesterol yang berlebihan akan menimbulkan berbagai penyakit. Karenanya, penting menjaga kadar kolesterol selalu stabil.

Telur ikan Capelin dikenal dengan nama masago. Ada yang hitam dan ada yang oranye, dan banyak dipakai untuk topping sushi, terutama sebagai pengganti tobiko, telur ikan terbang yang lebih mahal harganya.

Rasa daging Capelin sangat gurih, apalagi duri hanya ada di bagian tengah. Yang betina lebih enak, karena ada telur di bagian perut, sehingga lebih gurih.

Ikan mungil dengan panjang sekitar 15 cm ini banyak ditawarkan di gerai seafood segar pasar swalayan di Jakarta. Sekilas bentuk badannya mirip ikan teri, tetapi dalam ukuran besar. Tubuhnya langsing, dengan warna perah mengkilap, dan warna kehitaman di bagian atasnya.

Untuk mengolah ikan capelin ini bisa dengan berbagai cara. Bisa dipanggang di atas bara api, digoreng tepung, diberi bumbu balado, atau dibuat pepes. Dagingnya yang agak keras dengan rasa gurih kuat membuat Capelin sangat enak diolah menjadi beragam hidangan.

Berminat ingin mencoba ikan Capelin? Silahkan mencarinya di supermarket terdekat ya, Sahabat Farah.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health