Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

PENGUMUMAN kelolosan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) sudah diumumkan. Ada 143.805 siswa yang dinyatakan lulus dan berhak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Bagaimana dengan yang tidak lulus?

Jangan sedih, kamu masih bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Karena, masih ada beberapa seleksi yang bisa diikuti. Jadi, yuk persiapkan diri lagi.

1. UTBK SNBT 2023

Siswa eligible masih bisa mendaftar di jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2023. Untuk mendaftar UTBK SNBT 2023, calon mahasiswa perlu membayar Rp200 ribu. Pembayaran dapat dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BTN, BRI, dan BSI.

Adapun ketentuan umum mengikuti UTBK SNBT 2023 adalah:

  • Hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak 1 kali
  • Hasil UTBK hanya untuk mendaftar SNBT 2023
  • SNBT 2023 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain, sesuai dengan ketentuan PTN akademik, PTN vokasi atau PTKIN yang bersangkutan

Para calon mahasiswa kemudian diminta untuk melakukan pendaftaran lewat https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

2. Seleksi mandiri PTN

Seleksi mandiri diselenggarakan oleh masing-masing PTN ketika SNBT selesai. Untuk persyaratan dan mekanismenya juga disesuaikan dengan ketentuan masing-masing perguruan tinggi.

Nantinya, calon mahasiswa yang lulus dalam seleksi mandiri akan dikenakan biaya kuliah berupa uang kuliah tunggal (UKT) yang besarannya sama dengan calon mahasiswa yang mendaftar di jalur SNBP maupun SNBT.

Tahun ini, kuota penerimaan seleksi mandiri adalah 30 persen dari total keseluruhan. Namun, khusus untuk PTN berbadan hukum (PTN BH) boleh melaksanakan SNBT dengan kuota minimal 30 persen dan kuota jlur mandiri maksimum 50 persen.

3. Seleksi sekolah kedinasan

Pendaftarannya dimulai 1-30 April 2023 di 29 perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan kementerian dan lembaga pemerintah. Kelebihan dari sekolah kedinasan adalah mahasiswa yang diterima dapat diangkap menjadi aparatur sipil negara (ASN) calon pegawan negeri sipil (CPNS) di kemenyerian terkait maupun lintas institusi pemerintah. Sekolah kedinasan ini juga bebas biaya kuliah, bahkan beberapa di antaranya menyediakan fasilitas asrama, uang saku, dan seragam.

4. UM-PTKIN 2023

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2023 dibuka mulai 10 April 2023, pukul 16.00 WIB. UM-PTKIN ini merupakan seleksi calon mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikan di kampus Islam negeri di Indonesia maupun perguruan tinggi non-PTKIN yang tergabung dalam jalur seleksi ini.

Siswa yang bisa mendaftar di UM-PTKIN 2023 adalah lulusan 2023, 2022, dan 2021. Siswa bisa memilih 3 prodi di 59 pilihan kampus. Ujiannya juga dilaksanakan di salah satu kampus yang dipilih dari 3 prodi tersebut.

5. Selnas PMB PTKKN 2023

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (Selnas PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) dibuka di 7 perguruan tinggi Kristen negeri. Seleksi nasional ini terdiri dari jalur undangan berbasis kerja sama, jalur minat bakat berbasis portfolio, jalur ujian tulis online, dan afirmasi putra-putri asli orang Papua (OAP).

Gimana nih? Jangan frustasi dulu ya Sahabat Farah. Kamu masih bisa kok melanjutkan pendidikan di kampus yang diinginkan. Yuk, persiapkan diri lagi dan jangan lupa untuk rajin belajar, ya!




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News