KOMENTAR

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips untuk mengisi Ramadan versi Keluarga SIKAPI melalui laman sikapiuangmu.ojk.go.id.

Ada berbagai aktivitas positif yang mengisi wawasan kita tentang keuangan syariah dan bisa menjadi awal untuk memperkuat kondisi finansial di masa depan dengan cara yang halalan thayyiban.

#Belajar keuangan syariah di LMS Edukasi Keuangan

Kita bisa mencoba belajar tentang keuangan syariah, tak hanya menambah ilmu agama tapi juga mengetahui tips mengatur keuangan agar cuan sekaligus berkah.

LMS Edukasi Keuangan merupakan modul keuangan syariah yang informatif dan disajikan secara interaktif. Caranya mudah. Registrasi di lmsku.ojk.go.id, ikuti pembelajaran, kumpulkan poin, dan dapatkan merchandise menarik.

# Menabung dana haji memanfaatkan produk keuangan syariah

Ibadah haji bukanlah sekadar angan belaka. Jika kita mulai menjalankan perencanaan keuangan dengan baik, maka kita pasti bisa mewujudkan niat mulia untuk berhaji.

Yuk, isi Ramadan kali ini dengan mulai konsisten menyisihkan dana untuk ibadah haji. Kita bisa memanfaatkan produk keuangan syariah seperti bank syariah untuk kita disiplin menabung. Kita juga bisa berinvestasi menggunakan produk investasi seperti saham syariah dan reksa dana syariah.

# Membayar zakat dan sedekah memanfaatkan keuangan digital

Jangan lupakan zakat dan sedekah untuk berbagi dengan sesama di bulan suci. Kini, zakat dan sedekah bisa dikeluarkan dengan cara praktis berkat keuangan digital lewat m-banking dari sejumlah bank syariah.

Beberapa bank syariah juga menyediakan fitur penghitungan nisab agar kita dapat menunaikan zakat sesuai prinsip syariah. Bank syariah juga bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat terdaftar untuk pengelolaan dana yang Amanah.

# Membuka usaha memanfaatkan pendanaan syariah

Ingin berbisnis di bulan Ramadan, kita dapat memanfaatkan produk pendanaan syariah baik dari bank, perusahaan pembiayaan, maupun fintech pendanaan bersama. Pastikan pendanaan menjadi berkah dan terhindar dari riba.

# Berinvestasi sambal menjaga alam lewat sukuk

Ramadan tahun 1444 H ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbuat baik demi kelestarian alam. Kita bisa memanfaatkan produk keuangan hijau berbasis syariah, di antaranya sukuk dan saham syariah. Untuk itu, kita dapat mengecek produk pasar modal syariah melalui Daftar Efek Syariah yang sudah dirilis OJK.

Sebagai Muslim, sangat penting bagi kita untuk meningkatkan literasi keuangan syariah kita. Dengan mempelajari dan memanfaatkan keuangan syariah, Ramadan kita insya Allah akan lebih berkah dan bermanfaat.




Ciptakan Sendiri Hormon Serotonin, Si Penstabil Suasana Hati

Sebelumnya

Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family