Ilustrasi membaca di perpustakaan/ Nicki&Karen
Ilustrasi membaca di perpustakaan/ Nicki&Karen
KOMENTAR

JIKA kita ingin memiliki mental yang sehat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan latihan otak secara teratur.

Melatih otak tak hanya menjaga kesehatan secara fisik tapi juga menstabilkan Kesehatan mental kita dan menghindarkannya dari berbagai potensi gangguan mental.

Dikutip dari LifeHack, ada empat cara mudah untuk melatih otak dalam aktivitas kita sehari-hari.

# Mengembangkan rutinitas harian yang konsisten

Satu hal yang memberi dampak positif terbesar untuk kesehatan otak adalah rutinitas.

Rutinitas harian aktivitas otak yang konsisten akan menguntungkan kita lebih dari apa pun. Ini berarti memiliki jadwal di mana kita mendedikasikan waktu tertentu untuk latihan otak favorit setiap hari.

Mulailah dengan yang ringan—bahkan hanya 10 menit sehari dapat membuat perbedaan besar. Pastikan kita menggunakan waktu yang tidak terlalu panjang itu dengan bijak. Fokuslah pada latihan yang dapat membuat pikiran menjadi lebih santai.

# Membaca buku

Membaca adalah salah satu cara termudah dan paling menyenangkan untuk melatih otak. Ini juga merupakan metode yang terbukti untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan keterampilan memecahkan masalah.

Ada banyak genre bacaan berbeda untuk dipilih sehingga kita dapat meregangkan otak dengan berbagai cara. Misalnya, novel dengan banyak bahasa deskriptif akan membantu meningkatkan kosakata, sementara buku fiksi ilmiah atau fantasi akan menguji pemahaman kita tentang dunia baru.

Membaca juga memberi kita kesempatan untuk belajar dari sejumlah pemikir terhebat di dunia. Kita bisa membaca biografi orang sukses di industri apa pun atau membaca karya filsuf, penyair, dan novelis ternama.

Bukan hanya buku bacaan dalam bentuk cetak, ada pula buku audio yang memungkinkan kita menambah kecepatan membacanya agar bisa mengonsumsi kontennya dengan lebih cepat, yang artinya meningkatkan kecepatan kita mendapatkan informasi.

# Mempelajari bahasa baru

Mempelajari bahasa baru dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi otak. Siapa sangka, kitab isa meregangkan pikiran dengan memahami berbagai aturan dan pola bahasa. Ini sekaligus akan menantang kita dalam memperluas kosa kata dan meningkatkan daya ingat.

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari mempelajari bahasa baru, cobalah melakukannya dengan seorang teman. Bekerja dengan pasangan akan membantu termotivasi dan mendorong lebih jauh. Ini juga cara yang bagus untuk membangun persahabatan baru dan berbagi ide serta saran dengan orang lain yang juga sedang belajar.

Memang tidak mudah, namun konsistensi adalah kuncinya dan bekerja menuju tujuan adalah cara yang bagus untuk membuat otak tetap aktif dan terlibat.

Contohnya bisa kita lihat di sekitar, banyak orang yang mulai mempelajari bahasa Korea karena tertarik dengan drama Korea dan musik K-pop.

# Bermain game

Mungkin bagi sebagian orang, game identik dengan anak kecil. Padahal bermain game bagus untuk melatih otak, termasuk bagi orang dewasa. Game adalah cara yang menyenangkan dan interaktif untuk melatih otak, sekaligus dapat meningkatkan daya ingat, keterampilan memecahkan masalah, dan rentang perhatian (fokus) kita. Bahkan, ada game yang dirancang khusus untuk meningkatkan kesehatan mental.

Mulai dari permainan papan tradisional hingga permainan video modern, semua bisa kita mainkan. Inilah cara yang cepat dan mudah untuk melatih otak karena dapat diakses, murah, dan dapat dimainkan hampir di mana saja melalui ponsel.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health