Ilustrasi pasangan muslim romantis/Net
Ilustrasi pasangan muslim romantis/Net
KOMENTAR

NABI Muhammad Saw adalah panutan bagi umat Muslim. Segala tingkah lakunya menjadi pedoman bagi kaumnya. Salah satunya adalah bagaimana Rasulullah menjaga keharmonisan rumah tangga, lewat panggilan sayang kepada istrinya.

Memiliki panggilan sayang kepada pasangan, sah-sah saja dalam ajaran Islam. Bahkan, hal ini dianjurkan oleh Rasulullah. Seperti dikisahkan dalam sebuah hadits, dari Aisya, RA ia berkata:

“Orang-orang Habasyah masuk masjid dan menunjukkan atraksi permainan. Lalu Rasulullan Saw bersabda kepadaku, ‘Wahai Humaira, apakan engkau mau melihat mereka?’ Aisyah menjawab, ‘Iya’.

Nabi lalu berdiri di depan pintu, lalu aku datang dan aku letakkan daguku pada Pundak Rasulullah Saw dan aku tempelkan wajahku pada pipi beliau.”

Lalu, panggilan sayang seperti apa yang dianjurkan Rasulullah?

1. Humaira

Humaira adalah panggilan sayang Nabi kepada Aisyah. Humaira artinya pipi yang kemerahan, putih campur merah, atau yang berpipi merah. Dan, memang seperti itulah rupa Aisyah ketika sedang malu. Begitu kata Imam Adz-Dzahabi.

2. Habibie dan Habibti

Dalam Bahasa Arab, Habibie memiliki arti kesayangan atau kekasih. Biasanya, panggilan ini ditujukan kepada suami. Sedangkan Habibti, yang artinya cintaku atau kesayanganku, biasanya diucapkan suami kepada istri.

3. Muwaffaqah (wanita yang diberi petunjuk)

Rasulullah juga biasa memanggil Aisyah RA dengan sebutan Muwaffaqah, untuk memuji kepintarannya baik dalam kehidupan, mengurus rumah tangga, atau mendidik anak.

4. Ya Qalbi

Ya Qalbi mengandung makna ‘wahai hatiku’. Panggilan ini bersifat umum, bisa untuk suami atau istri. Jadi, jika Ayah Bunda ingin lebih romantis, bisa melontarkan panggilan ini pada pasangan, ya!

5. Eini

Eini paling sering dijadikan panggilan mesra pasangan-pasangan di Arab. Secara harfiah berarti ‘mataku’ atau ‘penglihatanku’. Jadi, panggilan ini artinya mengungkapkan bahwa pasangan sangat berharga dan indah.

6. Huby

Huby berasal dari kata hubun yang artinya cinta. Biasanya, panggilan ini diarahkan kepada suami, sebagaimana pengertiannya dalam Bahasa Inggris, ‘hubby’ yang artinya suami.

Nah, Ayah Bunda panggilan sayangnya di rumah, apa nih?




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family