Ilustrasi/ Getty Images
Ilustrasi/ Getty Images
KOMENTAR

URUSAN kehidupan dunia memang diliputi misteri. Dan untuk mampu menjalaninya dengan baik, kita kerap kali dikalahkan dengan berbagai kesia-siaan dan kekeliruan.

Padahal, ada empat janji Allah Swt. dalam Al-Qur'an yang menjamin kebaikan dan kelurusan hati (istiqamah) bagi hamba-hamba-Nya selama menjalani kehidupan di muka bumi.

Keempat janji Allah ini menjadi panduan bagi umat manusia agar tidak terjerumus ke kehidupan yang kelam.

#1 Jika kalian bersyukur maka Aku tambah nikmat-Ku untuk kalian. (QS. Ibrahim: 7)

Ya, bersyukur menjadi kunci agar seorang hamba merasa cukup dengan rezei yang dimilikinya. Bersyukur membuat hati tenang dan bisa fokus untuk melakukan yang terbaik dalam hidup ini.

#2 Ingatlah kepada-Ku niscaya Aku ingat kepada kalian. (QS. Al-Baqarah: 152)

Janji Allah yang kedua ini memastikan bahwa ketika seorang hamba selalu menyertakan-Nya dalam setiap langkah kehidupannya, maka Allah akan selalu menjaga hamba-Nya tersebut.

#3 Tidaklah Allah mengazab mereka, selama mereka memohon ampun (beristighfar kepada Allah). (QS. Al-Anfal: 33)

Inilah janji Allah yang harus selalu kita camkan setiap hari. Jangan pernah bibir kita kering dari istighfar, jangan pernah kita merasa sombong hingga selalu merasa benar. Khilaf dan dosa adalah sahabat manusia, karena itu jangan sampai enggan memohon ampun.

#4 Berdoalah untuk-Ku pasti Aku kabulkan untuk kalian. (Al-Ghafir: 60)

Ada hamba yang bekerja begitu keras dan merasa itulah satu-satunya penyebab datangnya kesuksesan. Padahal ada ridha Allah sebagai faktor kunci yang menyebabkan segala sesuatu terjadi. Maka berdoalah tanpa lelah, dan Allah berjanji akan mengabulkannya.

Mari berpegang kepada empat janji Allah tersebut agar kita senantiasa menapaki jalan lurus dalam kehidupan yang fana ini.




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur