KOMENTAR

PELAKSANA tugas (Plt) Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita) resmi dilantik menjadi Walikota Semarang ke-15 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk masa jabatan 2022-2024 pada Senin (30/1/2023).

Pelantikan yang bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernuran, Jl. Pahlawan Semarang ini dihadiri Megawati Soekarnoputri serta sejumlah pejabat publik di antaranya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Kepala LKPP Hendrar Prihadi.

Diketahui bahwa Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ditugaskan mengisi jabatan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ke-6 oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Oktober 2022. Dengan demikian, posisi Walikota Semarang mengalami kekosongan.

Sebelum terjun ke dunia politik, Mbak Ita adalah seorang profesional. Ia pernah bertugas menjadi pegawai bank swasta di wilayah Semarang.

Pada tahun 2003-2005, ia pernah menjabat sebagai Branch Relation Manager Bank Universal dan kariernya meningkat menjadi Head of Public Bank Permata pada tahun 2002-2003.

Selepas berkarier di bank swasta, ia menjadi Direktur Utama PT Adita Farasjaya pada tahun 2003-2005, merupakan perusahaan outsourcing  yang menyediakan sumber daya manusia

Pada tahun  2006, ia didaulat menjadi Direktur PT Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak pada bidang pengelolaan minyak bumi dan gas (migas).

Ia menjabat sebagai Direktur SPHC selama sembilan tahun (2006-2015). Kemudian ia meninggalkan jabatannya dan mengikuti kontestasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Semarang tahun 2016, hingga akhirnya terpilih menjadi Wakil Wali Kota Semarang bersama Hendrar Prihadi.

Mbak Ita menjabat Wakil Walikota Semarang selama dua periode (2016-2021) dan (2021-2024), namun sebelum masa jabatannya berakhir, ia kini naik posisi menjadi Wali Kota Semarang.

Mbak Ita lahir pada tanggal 4 Mei 1966. Ia merupakan alumnus  Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (1984-1989)  serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang ini juga pernah meraih penghargaan Satyalancana Pembangunan di bidang Koperasi dan UKM.

Masyarakat Semarang mengharapkan Mbak Ita siap membawa Kota Semarang Semakin Hebat dan melanjutkan program pembangunan untuk menyejahterakan masyarakat. (F)




Tina Rahimi, Petinju Berhijab Pertama dari Australia yang Melaju ke Olimpiade

Sebelumnya

Brigjen Pol Nurul Azizah Jadi Komandan Perempuan Pertama Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi Polri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women