KOMENTAR

SEBAGAI makhluk sosial, kita memerlukan kehadiran teman atau sahabat dalam hidup. Umumnya kita mencari teman yang usianya sepadan dengan kita. Namun ada juga yang memilih berteman dengan orang yang usianya berbeda jauh, bisa lebih tua atau lebih muda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kita peroleh bila kita bersahabat dengan orang yang lebih tua.

1# Tidak ada drama

Berteman dengan seseorang yang usianya lebih tua, umumnya emosinya lebih stabil. Berbeda halnya dengan berteman dengan orang yang usianya setara atau bahkan lebih muda, mereka masih sangat sensitif dan emosional. Tak jarang persoalan kecil menjadi konflik yang berujung drama.

Dengan berteman dengan orang yang lebih tua, konflik yang terbentuk cenderung kecil, karena mereka dapat memaklumi sifat seseorang yang usianya lebih muda, emosinya cenderung kurang stabil.

2# Memperluas sudut pandang

Seseorang yang usianya lebih tua, umumnya memiliki sudut pandang yang lebih luas dan lebih banyak. Berbeda halnya dengan seseorang yang usianya sepadan atau setara. Bergaul dengan seseorang yang lebih tua, tanpa sadar akan membuat kita banyak belajar dari orang tersebut, sehingga sudut pandang yang kita miliki dapat lebih luas.

3# Lebih santai menghadapi masa depan

Perjalanan hidup serta banyaknya pengalaman membuat seseorang yang berusia lebih tua dapat lebih tenang atau santai dalam menghadapi persoalan hidup. Ujian-ujian kehidupan yang telah mereka lewati dan atasi membuat mereka lebih humble  karena batinnya kaya dengan hikmah.

Berteman dengan orang yang lebih tua, akan membuat kita seolah memiliki mentor dalam hidup. Kita dapat berkonsultasi dengannya mengenai masalah-masalah yang sedang kita hadapi. Nasehat dan ilmu kehidupan yang mereka miliki akan dapat membantu dan menguatkan hati kita agar dapat lebih santai dalam menghadapi persoalan-persoalan hidup dan masa depan.

4# Membuat lebih dewasa

Seseorang yang lebih tua umumnya memiliki kedewasaan yang lebih tinggi. Umumnya mereka juga lebih bijak dalam menghadapi setiap persoalan. Berteman dengan seseorang yang usianya di atas kita akan dapat menginspirasi untuk berpikir lebih bijak dan dewasa.

5# Memperoleh rasa aman

Seseorang yang berusia lebih tua cenderung bersifat melindungi, membimbing dan mengayomi. Mereka juga cenderung lebih perhatian dan  tak segan mengingatkan agar kita dapat lebih baik. Dengan sifat yang mereka miliki, kita akan merasa aman dan nyaman ketika berada di dekat mereka.




Waspada Pencurian Data di Dunia Internet, Lakukan 8 Kiat Ini untuk Menghindarinya

Sebelumnya

7 Cara Mencegah Penculikan Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family