Makan di tempat terang membuat seseorang lebih aware terhadap makanan yang dikonsumsi/Farah.id
Makan di tempat terang membuat seseorang lebih aware terhadap makanan yang dikonsumsi/Farah.id
KOMENTAR

SETIAP orang pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, tapi tidak semuanya mau melakukan pola hidup sehat, seperti makan makanan yang sehat, berolahraga, minum air putih yang cukup, dan beristirahat.

Rata-rata kebanyakan orang menginginkan bentuk tubuh ideal dengan cara yang instan. Padahal cara-cara tersebut belum tentu menyehatkan. Alih-alih ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, justru menderita sakit karena salah memilih obat diet.

Salah satu yang paling sulit dilakukan saat seseorang menginginkan bentuk tubuh ideal adalah menekan selera makan. Apalagi bagi orang yang biasa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, berasa gurih atau manis. Makanan jenis tersebut cepat sekali membuat berat badan naik.

Tapi, ada satu hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk menekan selera atau nafsu makan, yaitu makan di tempat yang terang.

Mengutip laman dailymail.com, seorang dokter sekaligus ahli kesehatan dari University of South Florida Dr Dipayan Biswas mengatakan, orang-orang yang makan di tempat terang akan mampu memilih makanan sehat untuk dirinya.

Dengan kemampuan ini, orang-orang yang makan di tempat terang bisa lebih mudah mendapatkan berat badan ideal dan tubuh langsing. Mereka juga memiliki kesempatan 16 hingga 24 persen untuk mencapai berat badan ideal.

“Kita akan merasa lebih khawatir dan hati-hati saat makan di tempat yang terang. Perasaan khawatir dan hati-hati itulah yang nantinya akan membuat kita lebih bisa memilih makanan sehat. Dengan begitu, kita pun bisa menurunkan berat badan dengan baik,” ujar Dipayan.

Diakui pula direktur Cornell Food and Brand Lab Dr Brian Wansink, pencahayaan di ruang makan yang baik akan membuat hal yang sama. Kita akan lebih sadar, bahwa makanan yang tidak sehat sangat tidak baik untuk tubuh. Kalaupun ingin tetap memakannya, kita akan memakannya dengan cara yang lebih pelan dan tetap memerhatikan kesehatan.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk makan di tempat yang lebih terangm terutama buat kamu yang sedang menjalani program diet. Dan, seimbangkan dengan olahraga serta pola hidup sehat.




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health