Kowani saat launching Gerakan Ibu Bangsa Berwakaf/Ig Giwo Rubianto
Kowani saat launching Gerakan Ibu Bangsa Berwakaf/Ig Giwo Rubianto
KOMENTAR

SEJARAH mencatat, dicetuskannya Hari Ibu di Indonesia merupakan tonggak perjuangan perempuan untuk terlibat dalam upaya kemerdekaan bangsa dan pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa dalam menyuarakan hak-haknya guna mendapatkan perlindungan dan mencapai kesetaraan.

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ibu, Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menyelenggarakan serangkaian kegiatan, diantaranya Launching Gerakan Ibu Bangsa Berwakaf untuk menghimpun Dana Abadi Kowani.

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan, pihaknya juga menggelar webinar peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022, Peran Perempuan Indonesia di Kancah Internasional (side event G20), Roadshow Offline UMKM Kowani, Perempuan Dalam Literasi Keuangan di 22 Kota di Indonesia, dan Webinar Meneladani Semangat Dari 14 Pahlawan Wanita Indonesia.

“Acara puncak peringatan Hari Ibu diselenggarakan di Bengkulu pada 22 Desember 2022. Sedangkan Dewan Pimpinan Kowani dan Pengurus Bidang akan melaksanakan upacara bendera dalam rangka PHI Ke-94 Tahun 2022 di Kantor Kowani, Jakarta Pusat,” kata Giwo kepada Farah.id.

Lebih lanjut Giwo menjelaskan, peringatan Hari Ibu merupakan pengingat untuk seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda, sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa.

“Untuk itu, perlu diwarisi api semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melanjutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujarnya.

Menurutnya, semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia, tersebut sebagaimana tercermin dalam lambang Hari Ibu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, mengisyaratkan kasih sayang kodrati antara ibu dan anak, kekuatan, kesucian antara ibu dan pengorbanan anak.

Lalu, kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

Sedangkan semboyan pada lambang Hari Ibu Merdeka Melaksanakan Dharma, mengandung arti bahwa tercapainya persamaan kedudukan, hak, kewajiban dan kesempatan antara kaum perempuan dan kaum laki-laki merupakan kemitrasejajaran yang perlu diwujudkan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi keutuhan, kemajuan dan kedamaian bangsa Indonesia.

Sebagai informasi, peringatan Hari Ibu di Indonesia adalah bukan perayaan Mother’s Day sebagaimana yang diperingati di negara lain.




Pengabdian Masyarakat Prodi Psikologi Universitas Binawan: Gelar Skrining dan Edukasi Kesehatan Mental Remaja di MA As-Syafi’iyah 01 Jakarta

Sebelumnya

“Reparasi” Pakaian Mengurangi Limbah Fesyen di Fashion Revolution Week Sejauh Mata Memandang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E