Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DI masa pandemi, banyak orang yang mengisi waktunya di rumah dengan melakukan berbagai macam hobi, diantaranya adalah Fotografi.  Fotografi merupakan disiplin ilmu yang berkaitan dengan aktivitas seni melukis cahaya dan mengabadikannya menjadi sebuah foto.

Selain bisa menghasilkan cuan, ternyata memiliki hobi fotografi sangat bermanfaat juga bagi kesehatan. Kok bisa, ya?

Memperbaiki kesehatan fisik

Hobi ini dapat dilakukan di dalam maupun luar ruangan, tergantung pada objek yang akan diambilnya. Bila dilakukan di luar ruangan seperti pada genre fotografi alam (nature/wild photography), akan membuat seorang fotografer menjadi lebih aktif bergerak, seperti berjalan kaki menuju lokasi. Peredaran darah menjadi lebih lancar, beberapa gangguan kesehatan karena kurang bergerak akan berkurang, badan menjadi lebih segar dan mood juga akan menjadi lebih baik.

Melatih konsentrasi dan lebih kreatif

Ketika mencari objek foto, umumnya seseorang akan aktif berjalan untuk mencari hal-hal yang menarik untuk diabadikan. Menurut penelitian, dengan aktif berjalan selama 30 menit dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif seseorang.  Fotografi juga dapat melatih konsentrasi dan membuat seseorang menjadi lebih fokus, karena saat mengabadikan suatu objek, ia harus berkonsentrasi agar hasilnya sesuai yang diharapkan.

Menjadi lebih bahagia

Seseorang yang menyukai fotografi, umumnya menjadikan kegiatan memotret menjadi salah satu pelepasan stres. Mengabadikan sebuah objek foto dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Selain itu ketika berhasil memperoleh gambar yang baik akan timbul kepuasan tersendiri di dalam hatinya, sehingga orang tersebut menjadi lebih bahagia.
Fotografi juga dapat dijadikan media penyembuhan terapheutik, yang dikembangkan menjadi Photo Terapy, yang menjadi sarana pengekspresian diri bagi seseorang yang mengalami gangguan mental.

Meningkatkan rasa percaya diri

Memiliki hobi fotografi dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang, terutama ketika foto yang berhasil ia abadikan mendapat respon positif dari orang lain  yang melihatnya.

Meningkatkan daya ingat

Menurut laman Medicareful living dalam jurnal yang berjudul “The health benefits of photograhy”, fotografi dapat membantu meningkatkan ketajaman berpikir seseorang. Hobi ini dapat membantu merangsang daya ingat dan mempertahankan memori.

Seseorang yang mengabadikan berbagai momen di dalam kehidupannya melalui fotografi, ketika melihat kembali potret yang pernah dibuatnya, maka secara otomatis otak akan mencari dan mengingat kembali kenangan-kenangan yang pernah dilewatinya tersebut.




Memilih Alpukat yang Tepat untuk Disantap

Sebelumnya

Tak Perlu Dicuci, Ini Cara Membersihkan Daging Sebelum Dimasak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family