Keseruan JCC Ibu Profesional Jakarta/ FARAH
Keseruan JCC Ibu Profesional Jakarta/ FARAH
KOMENTAR

MEMPERINGATI Milad ke-XI, Komunitas IBU PROFESIONAL menggelar acara JELAJAH CITA CITA (JCC) serentak di 32 kota pada Sabtu, 18 Desember 2022.

Jelajah Cita Cita adalah sebuah kegiatan eksplorasi beragam profesi yang memberikan informasi sekaligus memberi kesempatan pada anak untuk merasakan pengalaman menjalani profesi tersebut.

JCC yang super seru

Untuk Regional IP Jakarta, JCC diselenggarakan di Hotel Dafam Enkadeli, Thamrin, Jakarta Pusat, menghadirkan 11 profesi untuk dieksplorasi yaitu jurnalis, planetarian, scientist, dokter gigi, koki, bidan, crafter, pelestari alam, arsitek, content creator, dan pemadam kebakaran.

Anak-anak peserta JCC dibagi menjadi 11 kelompok yang menjelajahi 11 'pulau' profesi. Mereka pun tampak antusias mengikuti penjelasan singkat yang diberikan narasumber di masing-masing booth profesi.

Contohnya, di booth koki, anak-anak langsung diberi kesempatan untuk menghias cookies. Mereka juga antusias saat mencoba langsung teleskop yang dibawa dari Planetarium Jakarta. Anak-anak mencoba meneropong matahari menggunakan teleskop yang diletakkan di rooftop hotel.

Yang tak kalah menarik adalah booth jurnalis yang dipandu Kak Fani dari Buddyku, yang memberikan kesempatan pada anak-anak untuk menjadi reporter yang bertugas melaporkan langsung liputan acara JCC.

Sementara untuk profesi scientist, Kak Yudi memperagakan langsung sejumlah percobaan sains sederhana dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Mulai dari mempelajari tekanan air dengan memutar gelas berisi air dengan cepat, juga mempelajari fenomena tornado dari air sabun dalam botol air mineral yang digoyangkan. Seru!

Setelah petualangan menjelajah 11 'pulau' profesi, anak-anak dihibur dengan nyanyian, games, dan dongeng dari Kak Fajar.

Tak lupa, panitia JCC menyiapkan beragam hadiah yang diberikan pada peserta cilik yang terlihat sangat bersemangat mengikuti JCC juga menjawab pertanyaan yang diberikan panitia dan Kak Fajar.

Workshop emergency response bencana

Untuk regional Jakarta, acara Jelajah Cita Cita yang diperuntukkan bagi anak-anak ini dibarengi acara workshop Emergency Response "Penanggulangan Situasi Darurat" bagi para orangtua yang menghadirkan narasumber dari PREDIKT!

Pada sesi pertama,  Wahyu Agung K. selaku Director of Program PREDIKT! memaparkan urgensi kesiapan keluarga dalam menghadapi potensi bencana di Tanah Air dan persiapan apa saja yang harus dilakukan sebagai langkah mitigasi bencana.

Kemudian pada sesi kedua, dipandu host dari Buddyku, para peserta dibagi dalam tiga kelompok untuk mengikuti kuis untuk menguji sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi yang diberikan PREDIKT! di sesi pertama.

Kuis yang digelar dengan metode layaknya Family 100 ini diikuti dengan antusias oleh para peserta yang berlomba menjawab pertanyaan secepat-cepatnya.

"Target peserta kami adalah 250 ibu dan anak, alhamdulillah jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai target, meskipun pada hari H ada beberapa yang tidak bisa hadir," kata Avi Nur Ashfia, Koordinator Jelajah Cita Cita Regional IP Jakarta saat diwawancarai khusus oleh Farah.id.

Menurut Avi, ada sejumlah profesi yang belum diketahui anak-anak atau  belum dipahami seperti apa pekerjaan yang dilakukan. Karena itulah Jelajah Cita Cita memberikan pengalaman langsung yang tak hanya bisa didengar dan disaksikan tapi juga dirasakan (dikerjakan) oleh tangan anak-anak.




Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabayyun

Sebelumnya

Didukung Jago Syariah, Halal Fair 2024 Siap Melejitkan Pasar Produk Halal Yogyakarta

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E