Mengukir prestasi di lapangan bola/ @irsalina.irwan
Mengukir prestasi di lapangan bola/ @irsalina.irwan
KOMENTAR

NAMA pemain sepak bola Singapura, Irsalina Irwan, merupakan salah satu talenta sepak bola berbakat yang terpilih menjadi skuad Timnas Putri Singapura. Di Timnas, Irsalina mengenakan seragam bernomor punggung 10.

Remaja putri kelahiran 1 Januari ini berstatus pelajar Sekolah Menengah Queensway. Tapi saat beraksi di lapangan hijau, Irsalina tampil 'bertaring', tak gentar dengan lawannya.

Pada usia 15 tahun 173  hari, Irsalina menjadi pemain keenam termuda untuk mewakili Timnas Singapura.

Sebelumnya, Irsalina juga menjadi bagian Albirex Niigata, pemain termuda dalam Liga Perdana Perempuan Deloitte. Ia juga memenangkan trofi Divisi B antarsekolah nasional tahun ini.

Semua itu menurut Irsalina adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Ia tak pernah menyangka karier profesionalnya akan melesat dengan cepat di usianya yang terbilang belia.

Irsalina menekuni sepak bola sejak usia sembilan tahun. Kesukaannya pada sepak bola berawal dari ayah dan dua adik lak-lakinya.

"Setiap akhir pekan, Ayah membawa saya dan adik-adik ke Taman West Coast untuk bermain bola. Awalnya, Ayah hanya melatih kedua adik saya yang hobi sepak bola. Tapi kemudian, saya merasakan bermain sepak bola adalah sesuatu yang menyenangkan. Dan mengapa saya tidak mencoba sesuatu hal yang baru?" ujar Irsalina tentang awal ketertarikannya pada sepak bola, seperti dilaporkan Berita Harian.

Tantangan terbesarnya adalah bagaimana menyelaraskan waktu belajar dengan latihan sepak bola. Dia pun rela mengurangi waktu tidurnya demi memastikan pelajarannya dan pengerjaan tugas-tugasnya tidak terganggu.

"Saya sering merasa stres dan putus asa karena kesulitan membagi waktu, tapi Ayah dan Ibu juga guru di sekolah selalu mendukung saya," kata Irsalina.

Di antara laga yang pernah ia mainkan adalah Kejuaraan Perempuan Piala AFF di pertengahan 2022. Tekadnya kuat, bahwa ia harus memberikan yang terbaik meskipun usianya masih sangat belia.

Irsalina, di mata pelatih Stephen Ng, adalah sosok pemain muda yang dibutuhkan dalam regenerasi skuad timnas.

Memasukkan Irsalina ke dalam Timnas Singapura adalah sebuah langkah positif yang manfaatnya akan berkelanjutan.

Pengalaman bertanding dengan negara lain diharapkan akan diserap oleh Irsalina dan menjadikannya pemain yang kian matang.

Irsalina bertekad untuk mempersembahkan kemampuan terbaiknya untuk negara tercinta.

"For me, I'm thankful and honoured to be selected to represent my country. I will alwayas strive to give all my best when I'm on the field."




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women