Zaskia Adya Mecca bersama 3 anaknya/Net
Zaskia Adya Mecca bersama 3 anaknya/Net
KOMENTAR

BARU-baru ini, Zaskia Adya Mecca membawa kabar berita, bahwa anaknya yang bernama Bhai Kaba Bramantyo, terpaksa menjalani perawatan di rumah sakit akibat terpapar pneumonia.

Zaskia mengungkapkan, awalnya Bhai hanya mengeluhkan batuk pilek. Awalnya, istri Hanung Bramantyo ini menganggapnya hal biasa, lantaran sang anak memang memiliki riwayat penyakit asma.

“Yang aku pikir, sakitnya itu tidak terlalu berat, setelah seminggu bisa sekolah. Tapi ternyata selama dua minggu dia nggak bisa sekolah,” sesal ibu lima anak ini.

Melihat kondisi Bhai yang kian memburuk, saat itu Zaskia mencoba untuk memberikan pertolongan pertama, berupa terapi uap. Terapi tersebut dijalani sesuai dengan riwayat penyakit sang anak, asma.

“Jadi, kabai itukan anak asma, terus awalnya aku piker batuk pilek biasa, asma, terus aku kasih uap,” cerita dia.

Sayangnya, pertolongan pertama itu tidak membuahkan hasil. Kondisi sang putra terus menurun, bahkan saturasi oksigennya mencapai angka 86. Diketahui, saturasi oksigen di bawah 90 sudah membuat seseorang mengalami kesulitan bernapas.

“Ya, nggak bisa napas, lah. Saturasi orang normal 97 ke atas, dia 86. Itu sudah sesak. Kita aja kalau turun ke 93 atau di bawah 95, susah banget napasnya,” kata Zaskia.

“Biasanya, kalau sudah diuap dan dikasih obat itu biasanya saturasinya naik. Tapi itu dari 91 turun sampai 86 itu jawak waktunya pendek banget dalam setengah jam. Panik banget, nggak tau mau ngapain. Akhirnya bawa ke rumah sakit,” lanjutnya.

Ya, Zaskia akhirnya bergegas untuk membawa Bhai ke rumah sakit. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih dalam, dokter mengabarkan kalau Bhai mengidap pneumonia dan harus menjalani perawatan di rumah sakit selama satu minggu.

“Katanya, penyembuhannya mungkin baru-baru bisa clear itu 4 minggu. Tapi selama 2 minggu itu dia tidak sekolah dulu,” ucapnya.

Lebih lanjut Zaskia mengimbau para orangtua untuk segera memberikan dan melengkapi imunisasi kepada anak untuk mencegah perburukan gejala dari penyakit.

“Jadi buat ibu-ibu, please, wajib vaksin dari pemerintah PCV jangan sampai lewat. Karena anak aku udah kena vaksin PCV saja, tetap berat buat aku kemarin,” demikian Zaskia.




Penyair Joko Pinurbo, Celana, dan Jejak Mendalam di Dunia Sastra Indonesia

Sebelumnya

5 Fakta Film Badarawuhi yang Disebut-sebut Lebih Horor dari KKN di Desa Penari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment