post image
Beras shirataki tidak hanya untuk mencegah diabetes, tapi baik untuk yang sedang menjalankan program diet/Net
KOMENTAR

DIABETES merupakan salah satu penyakit pemicu berbagai komplikasi. Diabetes bisa dialami orang dewasa dan anak-anak. Karena itu, penting untuk memastikan kesehatan keluarga dari risiko diabetes.

International Diabetes Federation (IDF) mengungkapkan, jumlah penderita diabetes di Indonesia hingga 2045 mendatang bisa mencapai 28,57 juta orang. Penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat, pemilihan asupan makanan yang tidak seimbang, dan kurang olahraga.

Bicara soal pemilihan asupan makanan, baru-baru ini muncul beras shirataki atau konjac rice. Beras ini terbuat dari umbi porang dan disebut bisa mencegah diabetes.

Dikenal juga dengan nama beras porang, dipercaya rendak akan kalori dan mengandung serat yang tinggi. Jadi, seringkali dikonsumsi untuk mendukung program penurunan berat badan.

Umbi-Umbian Asli Indonesia

Umbi porang atau nama latinnya Amorphophallus oncophyllus, merupakan umbi asli Indonesia. Jenis umbi-umbian ini masih satu kerabat dengan konjac (konnyaku), yaitu umbi yang seringkali diolah menjadi shirataki.

Di Indonesia, budidaya porang sedang digalakkan untuk mencukupi kebutuhan ekspor dan menunjang ketahanan pangan masyarakat.

Pengolahan umbi porang menjadi bahan makanan pokok, seperti tepung atau beras, cukup menjanjikan. Sebab beras porang rendah kalori dan mengandung glukomanan, yaitu sumber serat alami yang diketahui dapat membantu menurunkan berat badan hingga mengendalikan diabetes.

Tidak Hanya untuk Diabetes

Mengonsumsi beras porang ternyata banyak manfaat kesehatannya. Tidak hanya mencegah diabetes, beras porang punya beberapa kelebihan, karena merupakan salah satu sumber oligosakarida yang mampu bertindak sebagai prebiotik.

  • Mengurangi gejala irritable bowel syndrome (IBS) dan penyakit Crohn. Beras porang mengandung bakteri baik yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam usus.
  • Kandungan glukomanan dalam beras porang juga dipercaya mampu mengatasi sembelit pada orang dewasa.
  • Glukomanan ini juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga asupan kalori berkurang.
  • Beras porang merupakan sumber serat larut yang dapat memperlambat penyerapan kolesterol dan gula dalam darah.
  • Oligosakarida dalam beras porang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jadi, beras porang, atau shirataki, atau konjac rice memang bisa mencegah diabetes. Juga, ada manfaat lainnya yang penting bagi kesehatan.




Mengenal Jenis Investasi, Saham atau Reksadana yang Aman untuk Pemula?

Sebelumnya

Ingin Tidur Nyenyak dan Nyaman, Kenali Jenis Kain yang Cocok untuk Seprai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family