Kain katun bantu menjaga kesehatan kulit/Net
Kain katun bantu menjaga kesehatan kulit/Net
KOMENTAR

SALAH satu kain yang banyak digunakan sebagai bahan pakaian adalah kain katun. Kain ini dinilai sebagai bahan berkualitas, karena memiliki karakteristik yang halus dan lembut.

Katun dibuat dari serat yang berasal dari tanaman kapas (cotton) yang memiliki nama latin Gossypium. Sebagai produk sandang, kain katun ada bermacam-macam sesuai dengan teknik tenun dan serat yang digunakan.

Dilihat dari segi kesehatan, kain katun memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

Tidak menyebabkan alergi

Bahan katun terbuat dari serat alami. Bahan ini tidak akan menyebabkan alergi, karena seratnya bersifat sangat lembut dan sangat nyaman digunakan, bahkan oleh orang-orang yang berkulit sensitif.

Tidak menyebabkan iritasi kulit

Kain katun memiliki sifat menyerap keringat, sehingga mampu memberikan rasa nyaman ketika digunakan. Kain ini juga sangat lembut ketika bergesekan dengan kulit dan mampu menghindari kulit dari iritasi. 

Menjaga kelembapan kulit

Sifat kain katun yang adem dan sejuk, memiliki kemampuan dapat menjaga kelembapan kulit dengan baik. Sifat ini membuat katun cukup nyaman digunakan ketika cuaca panas. Tidak hanya nyaman digunakan oleh orang dewasa, katun juga sangat baik digunakan oleh bayi dan anak-anak. 

Mampu meminimalisir pertumbuhan bakteri

Kain katun dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga cukup nyaman digunakan oleh orang-orang yang suka beraktivitas di luar dan atau yang mudah berkeringat. Kain ini tidak menyebabkan kulit menjadi lembap, karena dengan sirkulasi udara yang baik dari serat kain, membuat keringat yang keluar dari pori-pori tubuh dapat menguap ke udara, sehingga kesempatan bakteri untuk berkembang menjadi kecil.

Dapat melindungi dan menghangatkan tubuh

Kain katun sangat cocok digunakan pada segala musim, baik itu musim panas maupun dingin. Karena kain katun dapat bersifat sejuk pada saat cuaca panas dan mampu menghangatkan tubuh ketika musim dingin. Pada musim panas, kain katun dapat melindungi kulit dari panas dan debu, sekaligus mengurangi rasa gerah yang dirasakan tubuh karena meningkatnya suhu.

Pada saat musim penghujan atau musim dingin, kain ini dapat menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Tidak menyebabkan gangguan pernapasan

Kain katun cukup aman digunakan dan tidak menyebabkan gangguan pernapasan, karena kain ini tidak melepaskan partikelnya pada saat digunakan. Sifat tersebut membuat kain ini cukup baik digunakan untuk masker yang dapat melindungi dari debu.

Begitulah sejumlah manfaat kesehatan dari kain katun. Itulah mengapa kain ini paling banyak diminati.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family