Bersyukurlah, maka akan dicukupkan segalanya untukmu oleh-Nya/Net
Bersyukurlah, maka akan dicukupkan segalanya untukmu oleh-Nya/Net
KOMENTAR

SALAH satu ciri-ciri hamba yang beriman kepada Allah SWT adalah bersyukur.  Bersyukur merupakan salah satu cara menikmati segala kondisi yang kita peroleh saat ini dengan perasaan cukup dan tidak membandingkan dengan orang lain.

Bersyukur merupakan salah merupakan salah satu bagian ibadah kepada Allah SWT. Lalu apa saja tanda orang yang bersyukur?

Mengakui dan menyadari bahwa Allah adalah pemberi nikmat

Seseorang yang bersyukur, hatinya akan senantiasa dipenuhi perasaan bahwa segala sesuatu yang ia peroleh berasal dari Allah SWT. 

Dari Ibnu Abbas Ra:

“Ketika hujan turun di masa Rasulullah SAW, lalu Rasulullah bersabda: Atas hujan ini, ada manusia yang bersyukur dan ada yang kufur nikmat. Orang yang bersyukur berkata: Inilah rahmat Allah.Orang yang kufur nikmat berkata: Oh, pantas saja tadi ada tanda begini dan begitu.” (HR Muslim)

Menyebut-nyebut nikmat yang diberikan Allah SWT

Sebagian besar dari kita lebih suka dan sering mengeluhkan kondisi atau kesulitan yang sedang dihadapi. Misalnya saat memperoleh makanan yang tidak menarik baginya, maka ia berkata, “Males makan, menunya kok ini.”

Sementara orang yang bersyukur lebih sering menyebut-nyebut kenikmatan yang Allah berikan, misalnya, “Alhamdulillah, hari ini saya masih diberi rezeki berupa makanan yang baik.”

Allah SWT berfirman, “Dan nikmat yang diberikan oleh Rabbmu, perbanyaklah menyebutnya.” (QS Adh Dhuha: 11).

Menunjukkan rasa syukur dalam bentuk ketaatan kepada Allah SWT

Seseorang yang bersyukur akan menjalankan segala hal yang diperintahkan Allah SWT seperti salat, berpuasa, berzakat dan bersedekah. Ia juga akan senantiasa menjauhkan segala hal yang diharamkan oleh Allah. Karena ia merasakan bahwa ketika ia bersyukur dengan cara mentaati perintah Allah, hatinya akan semakin tenang dan tentram.

Allah SWT berfirman, “Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya.” (QS Ali Imran: 123).

“Dan ingatlah pula ketika Tuhanmu memaklumkan suatu maklumat yang dikukuhkan, Sesungguhnya Aku bersumpah, jika kamu bersyukur atas nikmat-nikmat-Ku kepadamu, niscaya Aku akan menambah kepadamu nikmat lebih banyak lagi, tetapi sebaliknya, jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS Ibrahim : 7).

Maka, bersyukurlah. Karen aitu bentuk taatmu kepada Allah SWT.




Anggunnya Keberanian Seorang Asma binti Abu Bakar

Sebelumnya

Memahami Faedah Bertawakal untuk Membebaskan Diri dari Penderitaan Batin

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur