post image
Serunya bermain game online bareng Papa/Net
KOMENTAR

KAPAN lagi bisa bermain dan bersenda gurau dengan Papa, kalau bukan di hari libur. Ada banyak ide permainan yang bisa dilakukan anak dan papa, untuk meningkatkan bonding.

Salah satunya adalah bermain game online atau online gaming. Meskipun banyak pendapat yang mengatakan, bermain game online memberikan dampak buruk, tapi ada banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak.

Berbagai fitur yang dihadirkan dalam game online dapat mengasah kemampuan anak dalam berbagai hal. Apalagi, jika dilakukan bareng Papa. Tidak hanya seru, ini manfaat online gaming date Papa dan anak yang bisa didapat.

Mengeksplorasi Banyak Hal Baru

Ada salah satu game yang terkenal, yaitu Age of Empires, yang menggunakan konsep sejarah. Nah, game ini bisa mengajari anak banyak hal, seperti peradaban zaman, sejarah dunia, kebudayaan, geografi, dan lainnya. Bermain bersama Papa bisa membantu anak menambah pengetahuan. Dan hal ini tentunya akan sangat menyenangkan untuk mengisi libur akhir pekan.

Membentuk Minat Baca Anak

Pada game online, ada banyak istilah baru yang digunakan sebagai instruksi agar anak bisa memainkan permainan tersebut. Nah Papa, selama bermain ajak anak untuk membacakan instruksi atau kata-kata baru secara lantang sebagai bentuk stimulasi anak.

Melatih Keterampilan Visual-Spasial

Sebagian besar game online punya desain penampilan menarik, karena berbentuk 3 dimensi, dan banyak pula yang memanfaatkan teknologi virtual reality sehingga tampilan lebih nyata. Desain seperti ini dapat meningkatkan keterampilan visual-spasial anak, sehingga mampu memahami adanya jarak dan ruang dengan baik.

Meningkatkan Kreativitas

Tampilan game online yang dibuat mirip dengan dunia nyata dapat meningkatkan daya imajinasi anak, sehingga memicunya berpikir kreatif. Papa dan anak akan diajak masuk ke dalam cerita serta melakukan misi-misi yang harus diselesaikan.

Melatih Kemampuan Komunikasi dan Sosialisasi

Sebagian game online ada yang menghadirka fitur multiplayer, sehingga anak dapat melakukan interaksi dengan pemain lain, seperti Papa. Saat bermain bareng, Papa bisa bertanya atau memberi arahan, sedangkan anak bisa menjawab pertanyaan papa. Di situlah kemampuan komunikasi dan sosialisasi terbentuk.

Belajar Cara Menangani Konflik

Konflik-konflik yang dihadirkan dalam game online, menunt anak untuk menangani konflik tersebut. Papa, bertugas untuk membantu dan mengarahkan, agar anak bisa memecahkan permasalahan dalam permainannya.

Tidak hanya manfaat-manfaat tersebut, game online yang dimainkan bersama Papa juga mampu mengasah keterampilan anak dalam menyusun strategi. Anak juga diajarkan untuk berkompetisi dengan cara yang sehat dan menyenangkan.

Yuk Papa, luangkan waktu untuk bermain bersama Ananda, ya.




Anak Juga Perlu Egois Sebelum Belajar Berbagi, Kenapa Begitu?

Sebelumnya

Krisis Mental Saat Remaja Alami Perubahan Hormonal, Harus Bagaimana?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting