KOMENTAR

SALAH satu motif kain yang banyak digemari adalah Tribal. Motif ini biasanya dikenal dengan nama Navajo. Kain Navajo umumnya terbuat dari berbagai serat antara lain: katun, wool, dan polyester.

Nama Navajo diadaptasi dari nama suku Indian yang terbesar di Amerika. Nama suku ini mulai populer sejak tahun 1640-an. Suku ini sebagian besar tinggal di negara bagian New Mexico, Texas, Arizona dan Nevada serta Utah yang merupakan padang rumput berpasir yang tidak memiliki pepohonan rindang  

Pada saat musim panas, daerah tersebut sangat tandus dan kering. Dan ketika musim dingin menjelang, suhu udara mendekati 0 derajat Celcius.

Salah satu budaya suku Navajo adalah membuat tenunan dan aksesoris yang rumit. Menenun adalah salah satu mata pencaharian yang menunjang perekonomian mereka.

Mereka membuat tenunan dengan alat tenun yang tegak dengan pola geometris yang memiliki lebih dari satu warna. Kain tenunan suku Navajo umumnya terbuat dari bahan wol yang dihasilkan dari bulu domba yang mereka kembangbiakkan, yang dikenal dengan nama “Navajo- Churro”. Domba-domba tersebut memiliki bulu dengan warna coklat, hitam dan putih.

Pada abad ke 17 tersebut, benang wol hasil pintalan bulu domba tersebut langsung ditenun menjadi beberapa produk rumah tangga yang dijadikan penghangat di musim dingin seperti selimut dan karpet (rug).

Pada abad ke-19 mereka mulai mengembangkan konsep teknik pewarnaan alami yang membuat kain tenun yang dihasilkan menjadi semakin semarak, di antaranya dengan menggunakan serangga yang bernama Chonchineal, sejenis kumbang yang hidup di daerah gurun.

Harga kain tenun yang mereka hasilkan terbilang cukup mahal. Dan di Amerika, karpet hasil tenunan suku Navajo umumnya dijadikan sebagai dekorasi di rumah-rumah mewah penduduknya.

Motif tenunan suku Navajo ini mulai populer ke dalam dunia fashion ketika motif ini diadaptasikan menjadi beberapa produk sandang seperti syal, rok, atasan, sweater, hingga topi. 

Untuk menghasilkan keserasian motif Navajo atau Tribal ini cocok dipadukan dengan kain berbahan polos dengan warna-warna netral ataupun senada dengan salah satu warna yang terdapat pada motif tersebut.




Lengkapi Busana Kerjamu dengan Koleksi Syakeph Official x Anggiasari Mawardi

Sebelumnya

Hijab Pashmina untuk Gaya Simpel nan Anggun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga