Bantal bayi punya kadaluarsanya, loh Bunda/Net
Bantal bayi punya kadaluarsanya, loh Bunda/Net
KOMENTAR

MENJELANG kelahiran anak pertama, biasanya banyak kebutuhan bayi yang dibeli. Mulai dari bantal, selimut, dot bayi, pakaian, dan lainnya. Terkadang, perlengkapan bayi tersebut Bunda turunkan ke anak kedua, ketiga, dan seterusnya.

Namun Bunda tahu tidak, kalau perlengkapan-perlengkapan tersebut tidak bisa dipakai selamanya atau ada masa kadaluarsanya? Jadi, saat Bunda hendak mewariskannya pada sang adik, sebaiknya dilihat dulu tanggal expired-nya.

Bantal

Sudah hal yang wajar jika bantal bayi diwariskan ke adik-adiknya, apalagi jika masih dalam keadaan bagus. Padahal, bantal bayi tidak disarankan untuk digunakan selama bertahun-tahun. Sebab, bantal tersebut menyimpan banyak debu dan bentuknya sudah tidak seperti awal. Jadi, bisa berbahaya apabila diturunkan ke adiknya.

Dot

Begitu pula dengan dot. Benda yang satu ini hanya disarankan dipakai tidak lebih dari 5 minggu. Artinya, sebaiknya dot diganti setiap 5 minggu untuk menghindari penyakit. Dot menjadi media yang sangat rentan terkontaminasi bakteri, khususnya pada dot yang permukaannya sudah pecah-pecah atau banyak tergores.

Car Seat

Untuk keamanan dan kenyamanan bayi, Bunda sebaiknya perhatikan pula penggunaan car seat. Kursi mobil itu masih layak digunakan bila usianya dari waktu pembelian berkisar 6-10 tahun. Jika lebih, berarti sudah tidak layak atau kadaluarsa. Sebab, berjalannya waktu busa car seat akan berkurang efektivitasnya dan dikhawatirkan beberapa fitur lainnya dikhawatirkan sudah tidak berfungsi maksimal. Disarankan pula tidak membeli car seat yang bekas.

Handuk

Batas masa kadaluarsa handuk bayi adalah 3 tahun, jika sudah lewat serabutnya sudah tidak lagi mampu menyerap air dengan baik dan permukaannya menjadi kasar.

Bunda, lebih baik mengetahui masa kadaluarsa peralatan bayi yang hendak dibeli. Untuk menjaga kesehatan si buah hati, ada hal-hal lain yang harus diperhatikan dengan teliti, karena umurnya yang masih rentan sehingga harus dipastikan betul sterilisasi dan kehigienisannya.

Bila warnanya sudah berubah atau mengeluarkan bau yang beda dari seharusnya, sebaiknya jangan digunakan lagi meskipun tanggal kadaluarsanya masih lama. Kemungkinan produk rusak akibat cara penyimpanan yang kurang sesuai.




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health