Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MENDAPATKAN rasa puas dan cukup dalam memiliki pekerjaan dan kehidupan pribadi yang seimbang, merupakan hal yang diinginkan setiap orang. Sebab hal ini sedang ramai diperbincangkan, di mana para pekerja tengah berupaya menerapkan work life balance dalam kehidupan mereka.

Work life balance adalah keadaan di mana kita mampu untuk mengatur dan membagi peran antara tanggung jawab pekerjaan dengan kehidupan pribadi, termasuk adanya tingkat kepuasan dalam menjalani kehidupan, yang ditunjukkan dengan rendahnya konflik dengan keluarga atau pasangan, minimnya tingkat stres, hingga meningkatnya kebahagiaan diri sendiri.

Keseimbangan yang sehat tersebut bisa berupa tetap memiliki waktu untuk keluarga, teman, bisa menyalurkan hobi, memiliki cukup waktu untuk tidur dengan benar dan makan yang baik, serta tidak khawatir dengan pekerjaan rumah.

Kenyataannya, ketiga hal tersebut masih menjadi tantangan. Untuk mencapainya, ini yang bisa kamu lakukan:

  • Jarang kerja lembur

Jarang bekerja hingga larut malam di kantor merupakan salah satu ciri kamu telah memiliki keseimbangan yang baik antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Sebenarnya lembur merupakan hal normal, namun ketika melakukan hal tersebut setiap hari, bukanlah sebuah kebiasaan yang baik.

  • Tidak membawa pekerjaan ke rumah

Kebiasaan ini merupakan hal yang buruk, karena seharusnya waktu di rumah dihabiskan untuk diri sendiri atau dengan orang-orang yang kamu cintai. Membawa pekerjaan ke rumah hanya jika diperlukan dan bekerja untuk waktu yang singkat saja.

Seringkali individu yang tidak work life balance memiliki hubungan yang terganggu dengan pasangannya atau pun keluarga, sebab kurangnya waktu satu sama lain.

Cukup penting untuk disadari bahwa waktu di tempat kerja bisa dikejar, akan tetapi waktu dan pengalaman bersama dengan orang-orang terkasih tidak bisa.

Terlalu banyak pekerjaan dan kurangnya usaha untuk memperbaiki work life balance sangat tidak sehat bagi pikiran, tubuh, hingga kehidupan sosial. Bagaimanapun, memiliki keterampilan dalam menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan adalah salah satu kunci dalam kebahagiaan.




6 Manfaat Olahraga Bareng Pasangan

Sebelumnya

Bukan Komunikasi, Ini Kunci Langgengnya Rumah Tangga

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family