KOMENTAR

MEMASAK merupakan kebutuhan bagi setiap rumah tangga. Untuk memperoleh masakan yang lezat dan berkualitas, selain harus memiliki keterampilan dan aneka bahan untuk memasak, juga diperlukan alat memasak yang memadai, salah satunya adalah panci.

Berikut ini adalah beberapa tipe panci yang dibedakan berdasarkan fungsinya.

1# Panci Kaldu (stock pot)

Stock pot atau panci kaldu berukuran cukup besar. Biasanya digunakan untuk memasak bahan makanan yang tidak perlu terlalu dekat dengan sumber api.

Dengan bentuk yang tinggi ke atas, panci ini cocok untuk menjaga bahan makanan agar tetap terendam di dalam kaldu atau kuah

2# Panci Saus (sauce pan)

Panci ini memiliki bentuk yang bulat, sedikit tinggi dan sisinya lurus. Digunakan untuk membuat aneka saus dan sup. Dan bisa juga dipakai untuk merebus mie atau telur.

3# Panci Rebus (braisser pan)

Panci ini tergolong panci yang besar dan memiliki penutup yang berfungsi untuk mengunci kelembapan. Umumnya digunakan untuk memasak makanan yang dimasak lambat di oven.

4# Panci Presto

Panci ini merupakan panci yang menggunakan teknologi tekanan tinggi untuk mempercepat makanan matang. Panci ini memiliki kenop pengatur tekanan di atas tutupnya. Semakin tinggi tekanan, suhu internalnya juga semakin tinggi hingga waktu yang dibutuhkan untuk memasak semakin singkat.

5# Panci Pemanggang (roasting pan)

Roasting pan merupakan wajan persegi panjang yang berukuran besar dengan sisi yang pendek. Alat masak ini umumnya digunakan untuk memasak makanan di dalam oven dan menggunakan suhu yang tinggi seperti ayam dan bebek panggang.

6# Oven Belanda (Dutch oven)

Oven Belanda merupakan panci berbentuk bulat yang memiliki wadah yang besar, yang dirancang untuk memasak rebusan dengan volume besar seperti daging rebus atau panggang.

Oven Belanda ini dibuat dari besi cor dan umumnya memiliki gagang yang pendek agar masakan aman dan mudah diangkat.

7# Oven Perancis (French oven)

Berbentuk mirip dengan Dutch Oven, namun interior panci menggunakan bahan enamel. Biasanya digunakan untuk memasak daging sapi dan unggas.




4 Langkah Mengatasi Toxic Marriage

Sebelumnya

Silent Treatment, Salah Satu Ciri Toxic Marriage yang Mesti Diwaspadai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family