KOMENTAR

ANGGUR laut merupakan sejenis rumput laut yang berbentuk seperti gelembung-gelembung udara kecil di bagian batang sehingga menyerupai buah anggur. Memiliki nama latin Caulerpa Racemosa, tanaman ini sering disebut juga sebagai Green Caviar, karena berwarna hijau muda dan gelembungnya didentikkan dengan bentuk telur ikan (caviar).

Anggur laut memiliki rasa yang unik, dengan perpaduan asin dan manis yang mirip dengan rasa kerang segar. Umumnya tanaman ini dikonsumsi oleh masyarakat di Asia Tenggara dan Asia Pasifik, seperti Jepang, yang mengenal anggur laut dengan nama Umibudo.

Anggur laut memiliki beberapa manfaat yang sangat penting untuk kesehatan.

Bernutrisi tinggi. Anggur laut mengandung protein dan mineral diantaranya adalah fosfor, magnesium, tembaga, dan yodium serta berbagai jenis vitamin, seperti A, C, E, B1 hingga B2 dan B3, sehingga tanaman ini dianggap sebagai tanaman yang bernutrisi tinggi.

Tinggi asam lemak tak jenuh. Kadar asam lemak tak jenuh yang dikandung oleh anggur laut, seperti asam alfa linoleat (ALA), asam linoleat (LA), asam docosahexaenoic (DHA), asam eikosapentaenoat (EPA), dan asam arakidonat (AA) memiliki manfaat untuk meningkatkan penglihatan, meningkatkan daya ingat, menurunkan kadar kolesterol, menjaga struktur kolagen, dan mencegah penyakit pada pembuluh darah seperti stroke serta jantung koroner.

Memperkuat tulang dan sendi. Kandungan protein dan kalsium pada anggur laut dapat membantu memperkuat tulang dan sendi serta mencegah pengeroposan tulang.

Mencegah sembelit. Kalori dan kadar gula yang cukup rendah pada anggur laut membantu bakteri baik untuk dapat mencerna makanan dan mengeluarkan limbahnya dengan baik. Anggur laut sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya sembelit.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kadar kolagen dan aneka vitamin yang tinggi pada anggur laut, merupakan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit serta rambut.

Selain itu lemak yang terdapat pada tanaman ini, membantu regenerasi membran sel dan meningkatkan aliran darah, sehingga dapat mencegah kulit agar tidak kering.

Mencegah kanker. Anggur laut memiliki kandungan lignan, yaitu molekul yang bermanfaat sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Sifat antioksidan pada lignan di dalam anggur laut bermanfaat untuk menghancurkan sel kanker.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health