KOMENTAR

HUBUNGAN suami istri tak melulu berjalan mulus. Rumah tangga tentulah menghadapi suka duka yang datang silih berganti.

Rumah tangga harmonis bukan rumah tangga yang tanpa 'riak', melainkan rumah tangga yang tetap mampu berdiri tegak setelah dihantam ombak besar.

Komunikasi efektif memang menjadi kunci dalam segala jenis hubungan, termasuk hubungan suami istri. Kunci inilah yang menyatukan berbagai potensi baik di antara pasutri.

Berikut ini 5 tanda bahwa hubungan suami istri sehat dan berkualitas.

Good friends. Salah satu tanda bahwa hubungan suami istri berada dalam kondisi sehat bahkan prima adalah pasutri menjelma menjadi good friends alias sahabat. Ibarat hubungan persahabatan yang tulus, di dalamnya ada kesadaran untuk saling menghargai dan saling jujur.

Dan yang paling utama, seorang sahabat akan menjadi tempat curahan hati. Tak ada rasa takut untuk berbicara dan mengungkapkan isi hati. Tak ada keraguan untuk menjadikannya sandaran hati saat ingin berbagi suka dan duka.

Memahami love language masing-masing. Akan sangat indah bila suami istri saling memahami love language masing-masing. Dengan demikian, suami istri bisa mengurangi gesekan akibat kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

Nyaman dengan kelebihan dan kekurangan. Salah satu tanda bahwa pasutri memiliki hubungan yang sehat adalah masing-masing merasa nyaman dengan kelebihan dan kekurangan yang ada pada pasangannya. Suami menerima diri istri apa adanya, begitu pun sebaliknya. Karena kita memahami bahwa tak ada manusia yang sempurna.

Menghormati batasan. Menjalankan hubungan suami istri yang sehat bukan lantas tak menyisakan 'ruang' untuk individu. Suami dan istri memahami kesibukan dan tanggung jawab masing-masing di luar rumah.

Saling mendukung. Suami dan istri harus saling mendukung dan tidak pernah merasa iri bila pasangannya maju. Dengan demikian, suami dan istri tidak merasa terkekang, bahkan bersyukur karena dianugerahi pasangan yang menyemangatinya untuk terus bertumbuh dan berkembang.

Sudah adakah lima atau minimal dua hal di atas dalam hubungan kita dengan pasangan? Atau ternyata hubungan kita berada dalam kondisi yang tidak baik-baik saja?




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family