Tamanu oil/Net
Tamanu oil/Net
KOMENTAR

MASIH banyak perempuan Indonesia yang belum mengerti tentang manfaat tamanu oil. Padahal, minyak yang diekstrak dari biji kacang Tamanu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Minyak ini telah digunakan secara medis selama ratusan tahun oleh berbagai budaya di Asia, Pulau Pasifik, dan Afrika.

Beberapa penelitian menunjukkan jika minyak tamanu dapat mencegah pertumbuhan tumor pada pasien kanker dan membantu mengurangi gejala HIV.

Kandungannya yang terbilang murni membuat minyak Tamanu memiliki tektur cairan yang kental, berwarna hijau tua dengan aroma seperti kacang.

Mengutip berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat dari tamanu oil.

  • Mengatasi peradangan akibat jerawat

Tamanu oil bisa bekerja melawan bakteri Propionibacterium acnes dan Propionibacterium granulosum yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan antiradang di dalamnya dapat membantu mengobati peradangan jerawat.

  • Penyembuhan luka dan regenerasi kulit

Minyak tamanu dapat meningkatkan proliferasi sel dan produksi komponen termasuk kolagen dan glikosaminoglikan (GAG). Semua kandungan ini sangat penting untuk penyembuhan luka dan regenerasi kulit.

  • Mengurangi kerutan di wajah

Minyak ini kaya akan asam lemak yang dapat menjaga kelembapan kulit. Juga mengandung antioksidan yang melawan kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi tampilan kerut dan garis halus pada wajah.

  • Mencegah hiperpigmentasi

Kandungan antioksidan dalam tamanu oil, seperti coumarins dan xanthones, mampu memberantas sel melawan radikal bebas. Kandungan ini juga melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Tamanu oil dapat menyerap sinar UV dan menghambat kerusakan DNA dengan persentase mencapai 85%.

  • Membantu mengobati vaginitis

Kandungan antimikroba dapat membantu mencegah reproduksi mikroorganisme. Sementara antiseptik dapat menghancurkannya. Analgesik bekerja meredakan nyeri.

Manfaat lain dari tamanu oil adalah mengobati kurap, gigitan serangga, memudarkan bekas luka, hingga menjaga kesehatan rambut.

Cukup oleskan tamanu oil pada luka atau kulit kepala, pagi dan sore hari. Tapi, buat kamu yang punya alergi pada kacang-kacangan, disarankan untuk tidak menggunakannya.




Rekomendasi Makeup Natural untuk Remaja: Saatnya Tampil Cantik Tanpa Berlebihan

Sebelumnya

Indonesia Hadirkan Solusi Perawatan Kecantikan Kulit Tercanggih

Berikutnya

KOMENTAR ANDA