Nusantics Biome Beauty memiliki kandungan yang mampu menjaga microbiome, yang berperan penting dalam kesehatan kulit/Foto: Nusantics
Nusantics Biome Beauty memiliki kandungan yang mampu menjaga microbiome, yang berperan penting dalam kesehatan kulit/Foto: Nusantics
KOMENTAR

MICROBIOME yang kita kenal sebagai virus, jamur, bakteri, dan archea, sering dianggap sebagai sumber penyakit. Padahal, microbiome yang seimbang justru memiliki peran penting bagi imunitas.

Microbiome yang seimbang, mampu memperkuat skin barrier, melindungi kulit dan membantu menjaga kulit terhadap virus dan bakteri berbahaya. Tapi bila tak seimbang, ia akan membuat kulit menjadi kering dan muncul tanda-tanda penuaan.

Salah satu tanda mikrobiome tidak seimbang adalah kulit berminyak. Penyebabnya ada beberapa macam, di antaranya faktor genetik, usia, perubahan cuaca, pori-pori yang besar, hormon yang tidak seimbang, atau terlalu banyak mengonsumsi gula.

Saat ini, sudah ada beberapa produk skincare yang peduli dengan keseimbangan microbiome, atau microbiome friendly. Kandungannya disebut-sebut tidak mengganggu keberadaan microbiome kulit dan ramah lingkungan.

Produk microbiome friendly ini diyakini tidak akan membuat kulit menjadi rusak, kusam, bahkan memicu penuaan dini.

Salah satu produk terbaru dari microbiome friendly, yang tengah dikembangkan di tanah air adalah Nusantics Biome Beauty. Diciptakan dari serangkaian proses pemahaman kehidupan yang ada di kulit kebanyakan orang Indonesia, yang didominasi bakteri atau jamur.

Produk Biome Beauty yang menjadi unggulan adalah Biome Treatment Essence dan Biome Essence Spray. Keduanya diciptakan untuk menjaga kesehatan kulit manusia dengan memerhatikan sisi mahluk hidup lain yang ada pada kulit.

Ada pula Biome Treatment Essence Galactomyces, diperuntukkan bagi kulit bermasalah akibat bakteri dan Biome Treatment Essence Gotu Kola, untuk kulit bermasalah akibat jamur. Kedua skincare ini membantu memperkuat skin barrier.

Nusantics merupakan perusahaan rintisan bioteknologi Indonesia besutan East Ventures. Misinya adalah mengakselerasi microbial diagnostics dan microbiome diagnostics untuk aplikasi one health.

Berdiri sejak 2019, Nusantics jadi garda terdepan dalam berbagai tantangan kesehatan. Misalnya, meluncurkan Covid-19 RT-PCR Test Kit, Variant Detection Kit, Biome Scan, dan masih banyak lagi.




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Sentuhan Mewah dan Nyaman untuk Perempuan Urban Rancangan Pricilla Margie

Berikutnya

KOMENTAR ANDA