post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MAINAN merupakan salah satu benda yang menjadi sumber kegembiraan bagi bayi dan anak-anak. Tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, ainan juga dapat dijadikan alat untuk melatih motorik anak, seperti menggenggam, melempar dan mengangkat. Selain itu mainan dapat dijadikan sarana untuk belajar, agar anak menjadi kreatif dan mengenal logika.

Hal apa sajakah yang harus diperhatikan dalam memilih mainan untuk anak? Mari kita bahas.

Mainan harus sesuai dengan usia anak

Saat memilih mainan anak, kita harus memperhatikan pencantuman usia yang terdapat di kemasan mainan. Umumnya pada mainan terdapat keterangan apakah mainan bisa digunakan untuk anak usia 1, 3 atau 5 tahun.  Mainan bayi umumnya mudah dipegang dan berbahan lembut agar tidak membahayakan.

Hindari yang memiliki cat mengelupas

Pilih mainan yang tidak menyolok, mengelupas ataupun  berbau, karena diduga terdapat kandungan berbahaya seperti timbal, merkuri, cadmium dan chromim yang dapat mengganggu pertumbuhan anak dan menimbulkan masalah kesehatan seperti kanker.

Ukuran mainan

Mainan bayi dan balita, mainan mereka sebaiknya berukuran besar. Hal tersebut bertujuan agar mainan tersebut tidak tertelan atau menyumbat saluran pernafasan anak.

Tempat baterai tertutup

Pastikan mainan yang digunakan oleh anak memiliki tempat baterai yang tertutup rapat dan tidak mudah terbuka. Hal tersebut bertujuan agar anak tidak bisa membuka sendiri tempat baterai dan mengeluarkannya, agar tidak terkena zat kimia beracun yang  terdapat pada baterai apabila bocor.

Kuat dan lentur

Pilihlah mainan yang kuat, tidak mudah patah dan lentur.  Cek juga ketajaman mainan,pilih yang berujung tumpul agar tidak mencederai anak. Hindari mainan yang getas dan mudah patah, karena dapat menimbulkan ujung yang lancip, yang dapat melukai anak.

Hindari tali

Untuk usia bayi dan balita, sebaiknya hindari mainan yang memiliki tali, karena dapat membahayakan mereka apabila terbelit.

Seimbang dan aman

Bila memilih mainan yang dapat ditunggangi, pilihlah yang empuk, seimbang dan aman, sehingga anak dapat duduk tanpa dipegangi.

Demikian beberapa tips untuk memilih mainan anak. Yang penting yang harus diperhatikan adalah orangtua harus mengawasi dan mendampingi saat si kecil bermain, agar dapat segera mengambil tindakan bila ada hal-hal yang dapat membahayakan keselamatannya.

 

 

 

 

 

 

 




Jangan Suka Menakut-nakuti Anak, Ini 5 Dampak Buruknya secara Psikologis

Sebelumnya

6 Langkah Mengajari Anak Toilet Training

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting