Retinoblastoma bisa disebatkan oleh faktor genetik/Net
Retinoblastoma bisa disebatkan oleh faktor genetik/Net
KOMENTAR

TIDAK hanya pada orang dewasa, kanker juga kerap menyerang anak-anak. Kanker anak adalah kanker yang menyerang anak di bawah 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Salah satu jenis kanker pada anak yang perlu diwaspada adalah kanker mata. Salah satunya adalah Retinoblastoma atau kanker bola mata. Kanker ini paling sering ditemui pada anak-anak di bawah 4 tahun.

Menurut konsultan pediatrik oftamologi Dr Julie D Barliana, Sp M (K), retinoblastoma disebabkan karena mutasi genetik sejak dalam kandungan. Penyakit ini membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan.

Gejala yang perlu diwaspadai dari retinoblastoma ini adalah:

  • Bintik putih di bola mata

Bintik ini akan bersinar jika terkena cahaya. Bintik putih itu bisa di satu atau dua mata sekaligus. Sebanyak 62 persen kasus memiliki gejala ini.

  • Mata merah

Tanda kedua adalah mata merah meski tidak terasa sakit, menonjol, atau juling. Waspada jika muncul tanda ini pada mata anak usia 1 sampai 3. Apalagi, ada Riwayat retinoblastoma dalam keluarga, atau ada infeksi saat kehamilan.

“Jika ditemukan tanda demikian, lakukan pemeriksaan segera. Cek kelainan mata tidak hanya untuk deteksi dini retinoblastoma, tapi juga berkaitan dengan leukemia. Atau Ketika ada gejala mata menonjol keluar, ternyata ada massa tumor yang mendesak bola mata,” kata Dr Julie.

Saat pemeriksaan, dokter akan menentukan Langkah pengobatan selanjutnya. Biasanya, pada retinoblastoma dokter akan menggunakan radioterapi. Sayangnya, teknik ini akan membawa efek lanjutan, seperti gangguan pertumbuhan.

“Pemberian radioterapi tetap mempertimbangkan antara manfaat dan efek sampingnya. Terapi ini akan diberikan secara terukur, tentunya,” kata Prof Soeharti Gondowiardjo, SpRad(K), Onk Rad.

Mencegah Lebih Baik

Bunda tentunya tidak ingin anak menderita penyakit yang sangat serius, bukan? Karena itu, pola hidup sehat dan menjaga pola makan selama kehamilan, merupakan salah satu cara mengurangi risiko penyakit bawaan pada anak.

Dan, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan dini setelah bayi lahir, jika di dalam keluarga ada riwayat penderita retinoblastoma. Ada baiknya pula untuk menjalankan konseling genetik sebelum hamil.




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

Yuk, Lindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health