Ilustrasi penggunaan obat tetes mata/Unsplash
Ilustrasi penggunaan obat tetes mata/Unsplash
KOMENTAR

IRITASI mata adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti bakteri, alergi, atau infeksi virus.b

Iritasi pada mata biasanya ditandai gejala mata merah berair, bengkak, dan terasa gatal di area mata. Kondisi ini tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas penderita.

Kita tahu bahwa mata merupakan bagian tubuh yang sensitif  karena mudah terpengaruh oleh faktor eksternal seperti debu dan polusi udara. Selain itu, mata juga rentan terhadap berbagai infeksi dan iritasi.

Bagaimana cara mengobati iritasi mata?

Ketahui Jenis Iritasi yang dialami

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi penyebab iritasi tersebut apakah disebabkan oleh alergi, infeksi, atau faktor lainnya, sehingga dapat ditentukan langkah pengobatan yang tepat.

Contohnya, gejala konjungtivitis dapat menyebabkan iritasi pada mata karena infeksi virus yang biasanya akan sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu.

Konjungtivitis alergi sering terjadi pada kedua mata. Gejalanya meliputi mata gatal, berair, dan bengkak. Penggunaan obat tetes mata biasanya dapat mengurangi gejala tersebut.

Jika iritasi mata disebabkan oleh bakteri disertai dengan keluarnya cairan atau nanah dari sudut mata yang terinfeksi pemberian antibiotik perlu dilakukan dalam bentuk salep, obat tetes mata ataupun obat minum.

Rutin Bersihkan Mata dengan Air Bersih

Sebelum membersihkan mata, pastikan untuk mencuci tangan agar tetap steril. Bersihkan mata dengan lembut menggunakan air bersih dan kain lembut untuk bersihkan kotoran yang mungkin muncul akibat infeksi mata. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Kompres Mata Guna Redakan Iritasi

Kompres mata dengan kain lembut yang telah direndam dalam air dingin atau hangat secara perlahan pada mata yang terinfeksi. Pastikan untuk menggunakan kain yang berbeda untuk setiap mata guna mengurangi risiko penularan infeksi.

Gunakan Obat Tetes Mata

Cara mengatasi iritasi mata dapat  menggunakan obat tetes mata. Namun, penggunaannya tidak boleh sembarang dan disesuaikan dengan penyebab iritasi mata. Tetes mata antibiotik cocok untuk meredakan iritasi mata yang disebabkan bakteri. Sedangkan obat tetes mata antihistamin cocok untuk mengatasi iritasi mata yang disebabkan alergi. Pilihan alternatif untuk menggantikan obat tetes mata bisa menggunakan salep antibiotik.

Sangat disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat tetes mata.




Lidah Pecah-Pecah, Tanda Kekurangan Nutrisi Tambahan yang Jarang Disadari

Sebelumnya

Dampak Buruk Minum Menggunakan Sedotan: Kebiasaan Kecil yang Merugikan Kesehatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health