KOMENTAR

GREEN Valley Sungai Citumang Pangandaran, Jawa Barat adalah pilihan tepat buat kamu yang senang dengan olahraga menantang, body rafting. Sungai ini memiliki arus cukup deras dengan arah menuju sebuah goa. Di sekelilingnya terdapat hutan nan rimbun dan kaya ekosistem alami.

Body rafting Citumang sudah dikembangkan sejak 2006 oleh masyarakat setempat, bekerja sama dengan Perhutani. Lalu dibuka untuk umum pada 27 Februari 2007. Ketenarannya mulai terendus hingga ke luar negeri dan banyak turis mancanegara yang tertarik mencoba arus di sini.

Pengunjung yang ingin mengikuti body rafting diwajibkan mengikuti arahan dari pemandu, demi menjaga keselamatan dan keamanan. Lebih baik mengajak teman atau merabat, jadi kamu bisa mehyusuri sungai secara berkelompok.

Tidak perlu cemas meskipun ini jadi pengalaman pertama kamu, sebab selama perjalanan akan dipandu oleh petugas yang sangat terlatih. Selain itu, juga diberikan alat pengaman seperti pelampung, pelindung kepala, dan sandal karet.

Tujuan pertama body rafting adalah pintu hulu sungai, yang berjarak 900 meter. Kemudian kamu akan memulai petualang menjelajah sungai dengan jarak 1,5 hingga 2 km. Waktu yang dibutuhkan sekitar 2,5 hingga 3 jam, tergantung arus sungai.

Selama perjalanan, pemandu akan mengajak kamu menikmati train water, yaitu peserta diminta saling berpegangan memanjang mengikuti derasnya arus sungai hingga akhir perjalanan.

Tips buat kamu yang ingin berkunjung ke Sungai Citumang, datanglah di musim kemarau karena pemandangannya lebih indah dan akses jalan tidak licin. Jika ingin datang di hari libur, pastikan memesan tiket beberapa hari sebelumnya untuk mengantisipasi tiket habis.

Bawa juga perlengkapan pribadi, mulai dari baju ganti, makanan ringan, minuman, dan kamera, serta kebutuhan lain yang kamu perlukan. Jika ingin menginap, direkomendasikan untuk mencari penginapan di sekitar pantai selatan Pangandaran.




Hari Pendidikan Nasional 2024: Semangat Ki Hajar Dewantara untuk Bergerak Bersama Mencerdaskan Bangsa

Sebelumnya

Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon