post image
Saffron/ Net
KOMENTAR

SAFFRON merupakan salah satu rempah termahal di dunia. Saffron berasal dari bunga crocus (Crocus sativus), yang berwarna ungu muda dan memiliki kepala putik berwarna kemerahan seperti benang.

Untuk mendapatkan benang safron, kepala putik yang berwarna kemerahan tersebut harus dipilah satu persatu dengan tangan para petani, hal inilah yang membuat saffron menjadi sangat mahal harganya.

Selain sebagai bumbu masakan, saffron banyak digunakan untuk menjaga kesehatan, pada berbagai usia.

Berikut ini adalah manfaat saffron untuk anak-anak.

Sebagai antiinsomnia pada anak
Seringkali seorang anak sulit tidur pada malam hari, terutama ketika mereka masih ingin aktif bermain di jam tidur mereka. Hal ini tentu akan berdampak kurang baik pada anak, karena pertumbuhan seorang anak akan optimal ketika mereka tidur. Untuk mengatasinya dapat diberikan selembar air endapan saffron yang dicampurkan ke dalam susunya. Senyawa crocetin yang terdapat di saffron tersebut bersifat sebagai obat penenang yang dapat membuat anak mengantuk.

Menjaga kesehatan mata
Salah satu unsur di dalam saffron, yang disebut safranal, berkhasiat untuk memperlambat degenerasi retina. Kandungan crocetin dan crocin yang bersifat anti oksidan dapat membantu mengatasi konjuctivitis, atau peradangan pada bola dan kelopak mata. Sehingga dengan mengkonsumsi saffron, kesehatan mata anak dapat terjaga.

Membantu pertumbuhan tulang
Untuk mendapatkan pertumbuhan tulang yang optimal, anak membutuhkan kalsium yang tinggi. Selain mengandung kalsium, saffron juga membantu penyerapan kalsium pada anak, sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang pada anak.

Menjaga kekebalan tubuh anak
Perubahan cuaca seringkali menjadi penyebab alergi pada anak. Bila kekebalan tubuh anak menurun, maka anak akan mudah terserang flu, batuk atau infeksi pernafasan lainnya. Sifat antioksidan yang tinggi pada saffron dapat mengaktifkan reseptor anti alergi yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh karena perubahan cuaca. Selain itu saffron juga dapat digunakan untuk mengatasi serangan asma da.n bronchitis anak.

Meredakan sakit perut
Sakit perut dan masalah lambung lain sering terjadi pada anak-anak, hal itu dapat disebabkan oleh makan yang berlebihan atau tidak teratur serta tidak higienis. Sifat astringen yang terdapat di dalam saffron dapat membantu detoksifikasi dan meredakan sakit perut, sifat ini dapat menenangkan otot-otot perut yang tegang saat berkontraksi karena masalah pada pencernaan anak.

Meredakan demam
Demam adalah gejala yang sering terjadi ketika anak mengalami peradangan atau infeksi, karena adanya bakteri atau virus yang menyerang saat kekebalan tubuh anak menurun Senyawa crocin dan crocetin pada saffron dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi yang disebabkan oleh demam, selain itu kedua senyawa tersebut dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi karena adanya infeksi pada tubuh anak.

Meningkatkan suasana hati
Sifat saffron yang dapat menenangkan, dapat membantu meningkatkan suasana hati pada anak. Saffron dapat membantu mengurangi depresi atau kecemasan yang dapat membuat seorang anak menjadi agak rewel karena ketakutan, sehingga anak menjadi lebih tenang dan ceria.

Meskipun saffron memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun penggunaan saffron tetap harus dibatasi agar tidak menjadi toksik atau racun apabila dikonsumsi berlebihan. Penggunaannya tetap harus dikonsultasikan dengan dokter anak agar dapat memperoleh arahan yang tepat saat mengkonsumsi saffron.




Apa Benar Makanan Kekinian Jadi Penyebab Utama Kanker Payudara pada Remaja?

Sebelumnya

Tidak Hanya Kanker Payudara, 8 Jenis Kanker Ini Bisa Serang Usia 20

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health