Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

ANAK-anak perlu banyak mengonsumsi air, agar tetap sehat, terhidrasi, dan aktif. Cairan yang paling baik dikonsumsi adalah air putih, karena bisa menjaga berat badannya dan menghindari dari berbagai risiko penyakit dalam, seperti ginjal dan sebagainya.

Sayangnya, tidak semua anak menyukai air putih. Alasannya klasik, rasanya tidak enak dan tidak senikmat ketika mengonsumsi minuman berwarna.

Agar anak mau mengonsumsi air putih yang sangat besar manfaatnya itu, ada baiknya lakukan cara cerdas berikut ini:

1.Jadikan Kebiasaan

Jadikan minum air putih sebagai kebiasaan, misalnya usai makan, setelah bermain, atau sebelum tidur. Sebagai langkah awal, jangan sampai lupa memberikan air putih kepada anak di waktu-waktu tersebut. Lama kelamaan, anak akan menjadi terbiasa mengonsumsi air putih.

2.Gunakan Wadah Menarik

Anak-anak selalu suka dengan tempat minum atau makan yang menarik. Jadi, tidak ada salahnya jika Bunda memberikan air putih dengan wadah-wadah yang disenangi.

3.Berikan Infused Water

Salah satu alasan anak tidak suka minum air putih adalah rasanya yang tawar. Nah, coba deh Bunda berikan irisan buah di dalamnya. Jadikan sebagai infused water. Bunda bisa menggunakan buah-buahan yang segar, seperti jeruk atau stroberi. Tapi, jangan terlalu sering, ya Bunda.

4.Jadikan Minum Air Putih sebagai Kegiatan Menyenangkan

Misalnya, Bunda bisa menggunakan “perlombaan” minum air putih agar lebih menyenangkan. Berikan hadiah menarik yang disukai anak, jika ia menjadi juaranya.

Yang terpenting, jadikan diri Bunda dan Ayah sebagai role model. Anak akan terbiasa minum air putih, jika ia sering melihat orangtuanya mengonsumsi air putih. Jadi, ajari anak kebiasaan tersebut dengan mulai dari diri sendiri, ya Bunda.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting