post image
KOMENTAR


BELANJA baju lebaran sudah menjadi tradisi abadi dalam setiap momen menyambut Hari Raya Idul Fitri di Indonesia. Salah satu kendala yang sering dihadapi setiap kali berburu baju lebaran adalah ukuran badan yang besar sedangkan keinginan tampak lebih langsing saat silaturahmi juga menghampiri.

Jangan khawatir, berbagai tips berikut bisa Anda terapkan saat memilah milih busana agar hari raya tetap tampil prima, bahkan orang gemuk bisa terlihat lebih ramping, lho. Dikutip dari Sew Guide, berikut tipsnya:

1. Pilih baju one-tone colour
Disarankan menghindari pakaian yang warnanya terlalu banyak dan berbeda antara baju dengan celana. Semakin banyak warna, maka semakin tubuh terlihat besar.

2. Busana polos adalah pilihan yang tepat
Pakaian yang terlalu banyak pattern printed-nya malah membuat terlihat gemuk. Jadi, disarankan untuk pilih baju Lebaran yang polos-polos saja, atau kalau mau ada detail printed, pilih yang tidak terlalu banyak.

3. Pilih baju yang flowy atau 'jatuh'
Pilih baju terusan dengan bahan kain yang tipis, nyaman, serta 'jatuh' saat dikenakan. Kain dengan karakteristik flowy ini mudah melambai saat tubuh digerakkan, sehingga bisa menyembunyikan siluet tubuh. Contohnya bahan sifon.

4. V-neck top
Tipe kerah v-neck dipercaya dapat membuat siluet tubuh terlihat ramping. Untuk itu, usahakan jangan pilih turtleneck karena akan semakin membuat 'tenggelam' di balik baju tersebut.

5. Jauhkan dari puffed sleeve
Puffed sleeve memang tengah tren, tapi yang bertubuh gemuk harus hati-hati menggunakan pakaian jenis ini apalagi jika ingin memberi siluet ramping. Puffed sleeve malah bisa membuat terlihat semakin besar.

6. Hindari material yang 'Ramai'
Semakin polos baju yang dipakai, semakin terlihat ramping tampilan. Itu kenapa pakaian dengan material bertekstur ramai disarankan untuk tidak dipilih orang gemuk.

7. Selain hitam, ini pilihan warna yang tepat
Pakaian hitam mungkin favorit. Tapi, di Lebaran nanti boleh pilih pakaian warna lain, lho, misalnya hijau emerald, navy, atau maroon yang tetap memberi kesan ramping.

8. Jangan pakai salur menyamping
Motif salur menyamping membuat tubuh terlihat lebih lebar, itu kenapa untuk yang mau membuat siluet ramping disarankan pilih salur vertikal atau garis lurus atas-bawah.

9. Celana high waisted
Buat yang mau pakai celana di Lebaran nanti, pilih celana high waisted, ya, karena mampu membuat siluet tubuh lebih jenjang dan ramping. Itu karena kamuflase di bagian perut.
 

10. Tambahkan outer simpel
Sebagai tips terakhir boleh menambahkan aksesori seperti long coat atau outer ke tampilan Lebaran. Item fashion tersebut bisa membuat siluet tubuh terlihat ramping dan langsing.

 



Close X

Uniknya Color Splash ala Rose.Ma.Lina x Sofie

Sebelumnya

Terinspirasi Kubus Rubik, Siswa SMKN 3 Blitar Hadirkan Urban Casual Style di Panggung MUFFEST+ 2022

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Fashion